Sosial media dalam masyarakat ini sepertinya sudah menjamur. Mulai dari anak kecil hingga kakek nenek juga sudah mengenal yang namanya sosial media ini. Akan tetapi, masih banyak pengguna sosial media yang belum tahu memanfaatkannya dengan baik. Pasalnya, ada begitu banyak konten kebencian di sosial media saat ini. Apalagi ini sudah memasuki bulan suci Ramadhan, yang mana para umat Islam di seluruh dunia harus bisa menahan hawa nafsunya.

Untuk itu, kita tentunya harus bisa tahu bagaimana cara menggunakan sosial media yang baik, agar puasa tetap lancar dan tidak batal.

1. Berhenti ngomongin orang

tips-menggunakan-sosial-media-yang-baik-agar-puasa-tidak-batal-1-oleh-tekno-segiempatUntuk yang pertama ini tentunya yang paling banyak dilakukan di media sosial. Ini adalah salah satu hal yang paling buruk dan tidak hanya membatalkan puasa Anda di bulan Ramadhan ini, melainkan bisa menimbulkan keributan antar sesama manusia. Apalagi kalau sampai membahas mengenai ras, budaya, agama, adat dan hal lainnya yang berbau rasis.

2. Publish hal yang bermanfaat untuk orang banyak

tips-menggunakan-sosial-media-yang-baik-agar-puasa-tidak-batal-2-oleh-tekno-segiempatKalian pasti tahu mengenai ustadz sosmed (sosial media). Kan, banyak tuh orang-orang atau mungkin ada di daftar teman sosmed kalian yang sering menuliskan kalimat panjang seperti orang ceramah yang berisikan wejangan-wejangan. Kalau isinya memang bagus dan bermanfaat, maka itu tentunya bisa Anda terapkan. Tapi, kalau isinya itu hanya menghasut, menjelek-jelekkan, yang membuat beberapa pihak menjadi emosi atau marah, maka ini tentunya tidak baik. Dosa yang Anda tanggung itu bukan hanya dosa Anda pribadi, tapi Anda pasti akan mengcover semua dosa setiap orang yang batal karena terpancing emosinya membaca status Anda tersebut.

3. Jangan bagikan hal membangkitkan hawa nafsu

tips-menggunakan-sosial-media-yang-baik-agar-puasa-tidak-batal-3-oleh-tekno-segiempatBerpuasa di bulan suci Ramadhan bagi umat Islam adalah menahan segala macam hawa nafsu, baik itu nafsu makan, birahi, dan lain sebagainya. Gambar atau pun video makanan yang Anda bagikan di sosmed itu bisa membuat orang yang melihatnya akan terpengaruh hawa nafsunya. Tidak hanya makanan saja, gambar dewasa yang berbau pornografi pun bisa meningkatkan birahi yang melihatnya, sehingga puasa mereka menjadi batal.

4. Jangan memprovokasi

tips-menggunakan-sosial-media-yang-baik-agar-puasa-tidak-batal-4-oleh-tekno-segiempatSeperti yang telah Saya tulis pada poin kedua di atas, Anda jangan mempublish hal-hal yang berbau provokasi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan yang tentunya setiap orang diharuskan menjaga emosinya. Nah, kalau Anda sampai membuat emosi dari setiap orang terpancing, maka itu bisa saja membuat banyak puasa orang menjadi batal, karena status Anda yang memprovokasi.

5. Pilihlah konten yang mendidik dan berkualitas

tips-menggunakan-sosial-media-yang-baik-agar-puasa-tidak-batal-5-oleh-tekno-segiempatDi sosmed itu memang tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan dosa, tapi bisa juga digunakan untuk mendapatkan pahala. Untuk bisa mendapatkan pahala di bulan suci Ramadhan melalui sosmed itu cukup dengan membagikan konten yang mendidik dan juga berkualitas. Kalau memang Anda berada dalam lingkungan agama Islam, dan teman-teman Anda pun memang mayoritas Islam, maka bagikanlah konten Islam tentang indahnya berpuasa, karena memang kita sedang berada dalam bulan puasa. Selain konten khusus seperti itu, Anda bisa juga membagikan konten umum yang mendidik, seperti pada artikel tekno Segiempat.com.

LEAVE A REPLY