Pada dasarnya kecepatan internet yang kita gunakan itu sebenarnya disesuaikan dengan paket internet yang Anda pasang. Jika Anda menggunakan paket internet 10Mbps, maka Anda bisa menonton video Youtube sampai pada resolusi 720p, tanpa buffering sama sekali. Tapi, kalau memang Anda masih buffering dengan kecepatan internet 10Mbps, maka itu berarti ada beberapa pengaturan yang harus Anda lakukan pada komputer atau browser Anda. Nah, di bawah ini Saya ada beberapa trik agar nonton Youtube tidak buffering lagi. Trik tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

Trik nonton Youtube di komputer agar tidak buffering

  • Untuk trik pertama Anda bisa menggunakan ekstensi browser yang bernama SmartVideo. Ekstensi ini tersedia untuk 2 browser yang paling umum digunakan saat ini yaitu Google Chrome dan juga Mozilla Firefox. Fungsi dari ekstensi SmartVideo ini seperti dengan namanya, yaitu memberikan Anda akses yang lebih baik saat Anda membuka video streaming seperti Youtube. Dengan ini tentunya Anda bisa tetap fokus menonton video di Youtube tanpa harus merasakan buffering lagi.

mau-nonton-youtube-tanpa-buffering-ini-triknya-1-oleh-tekno-segiempat

  • Trik kedua itu adalah dengan menggunakan playser HTML5. Google memang telah mengembangkan Youtube agar bisa mendukung dengan teknologi browser terbaru saat ini yaitu HTML5. HTML5 ini adalah alternatif dari Flash Player, yang cukup berat saat dibuka dikomputer. Nah, dengan adanya player HTML5 ini tentunya kecepatan internet Anda pun akan lebih stabil dan juga tidak terlalu banyak mengambil konsumsi memori atau RAM komputer Anda. Hebatnya lagi, HTML5 ini sudah mendukung untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Cara mengaktifkan fitur HTML5 player untuk Youtube ini cukup dengan masuk ke dalam halaman youtube.com/html5. Kemudian, beri tanda centang pada semua opsi yang ada, lalu klik pada Join HTML5. Tapi, jika Anda rajin mengupdate browser Anda, baik itu Chrome, Firefox, Opera, Safari, dan juga Internet Explorer, maka sudah otomatis akan menggunakan player HTML5.

mau-nonton-youtube-tanpa-buffering-ini-triknya-2-oleh-tekno-segiempat

  • Pada trik ketiga ini Anda bisa menggunakan DNS gratis. DNS ini adalah protokol alamat IP yang biasanya disediakan oleh masing-masing provider. Kalau memang Anda sudah menggunakan paket internet yang cepat, tapi masih lambat saat browsing atau sering buffering saat nonton video Youtube, maka Anda bisa coba mengedit DNS komputer Anda. Untuk cara mengedit DNS komputer ini Anda bisa melihat pada artikel Saya sebelumnya yang berjudul “Trik mempecepat koneksi internet dengan edit DNS“.

mau-nonton-youtube-tanpa-buffering-ini-triknya-3-oleh-tekno-segiempat

  • Trik keempat adalah dengan mengubah kualtias video yang Anda tonton di Youtube. Youtube memang telah memberikan pengaturan pada playernya tersebut untuk bisa Anda ubah agar sesuai dengan kecepatan internet Anda. Resolusi yang paling rendah yang disediakan di sini adalah 144p (piksel). Kalau kecepatan internet yang Anda gunakan adalah 10Mbps, maka Anda bisa menggunakan 720p. Anda bisa menyesuaikan sendiri resolusi tersebut agar Anda tidak mengalami buffering lagi saat menonton video-video di Youtube.

mau-nonton-youtube-tanpa-buffering-ini-triknya-4-oleh-tekno-segiempat

Itulah beberapa trik yang biasanya Saya gunakan untuk menonton video Youtube agar tidak buffering. Selamat mencoba!

1 COMMENT

  1. Trik kedua itu makek playser HTML5. teknologi browser buat alternatif Flash Player kan, trus katanya berat kalau dibuka dikomputer. Nah itu computer yang gmna ya,
    trimakasi

LEAVE A REPLY