Dalam membuat akun internet baik itu sosial media seperti Facebook, masih banyak orang yang menggunakan password yang mudah untuk ditebak. Itulah mengapa banyak akun Facebook yang mudah untuk dihack. Bahkan, anak SD yang keseringan nongkrong di internet pun sudah bisa menghack akun Facebook dengan modal tebak-tebakan. Kalau akun sudah dihack, maka pasti Anda akan mulai bingung dan takut, kalau akun Anda tersebut nantinya akan disalahgunakan.

Maka dari itu, Anda sebaiknya membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara amankan akun agar tidak kena hack“. Tapi, kalau akun Facebook Anda tersebut sudah terlanjut kena hack, maka Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk mengembalikan akun Anda tersebut.

Cara untuk mengembalikan akun Facebook yang kena hack

  • Untuk langkah pertama adalah dengan masuk ke dalam alamat url com/help. Halaman tersebut merupakan alamat aduan terhadap keluhan dari para pengguna Facebook, termasuk di dalamnya juga aduan untuk akun yang kena hack.
  • Setelah Anda masuk ke dalam halaman tersebut, silahkan Anda langsung mengklik pada tab yang bertuliskan Privacy and Safety, lalu klik lagi pada opsi yang bertuliskan Hacked and Fake Accounts.

lakukan-ini-segera-jika-akun-facebook-kena-hack-1-oleh-tekno-segiempat

  • Jika Anda sudah berada di dalam halaman Hacked Accounts tersebut, Anda kembali akan berhadapan dengan berbagai opsi. Anda tidak perlu bingung memilih opsi yang mana, Anda cukup klik saja pada “I think my account was hacked or someone is using it without my permission”. Selanjutnya, Anda klik lagi pada link yang bertuliskan “Secure your account”, lalu klik pada tombol “Get Started”.

 

  • Jika proses untuk pengecekan keamanan sudah selesai dilakukan oleh Facebook, maka untuk langkah selanjutnya Anda klik saja pada tombol “Continue” untuk lanjut lagi pada tahap berikutnya.

lakukan-ini-segera-jika-akun-facebook-kena-hack-5-oleh-tekno-segiempat

  • Di tahap berikutnya Anda harus mengisikan password lama Anda, lalu mengisikan password baru sebanyak dua kali pada kolom yang telah disediakan. Pilihlah password yang sulit untuk digunakan, jangan sampai password yang mudah untuk ditebak atau dihack lagi. Jika menurut Anda sudah sesuai, maka selajutnya silahkan Anda klik pada tombol Next. Lalu, silahkan Anda hapus setiap daftar aplikasi yang terhubung ke akun Facebook Anda.

lakukan-ini-segera-jika-akun-facebook-kena-hack-6-oleh-tekno-segiempat

  • Dan, di tahap berikutnya adalah dengan memberikan opsi untuk menghapus aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya, baik itu oleh Anda atau pun oleh orang yang telah meng-hack akun Facebook Anda. Setelah akun Anda diamankan, silahkan Anda klik pada opsi “Go To News Feed”, dan akun Anda pun sudah kembali seperti semula.

lakukan-ini-segera-jika-akun-facebook-kena-hack-7-oleh-tekno-segiempat

Nah, itulah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda tempuh jika akun Facebook Anda kena hack. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, maka silahkan Anda tambahkan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY