Home » Tips & Cara » Teknologi » Internet » Bagaimana Cara Mendeteksi File Hidden Dan Keylogger

Bagaimana Cara Mendeteksi File Hidden Dan Keylogger


Bagaimana Cara Mendeteksi File Hidden Dan Keylogger Oleh SegiempatSemua sistem operasi besar dan ternama seperti Windows, Mac, dan Linux pastinya memiliki file hidden, dimana semua file tersebut tidak terlihat karena pengaturan sistem operasi tersebut. Anda bisa memilih apakah Anda ingin melihat atau tidak semua file tersebut dengan cara mengganti pengaturan pada sistem operasi komputer Anda. banyak dari file hidden ini sangat penting untuk kelancaran dan performa komputer Anda. File hidden ini sengaja disembunyikan oleh para developer sistem operasi agar menghindari dihapusnya file-file tersebut dengan tidak sengaja oleh pengguna siste operasi. Dan keylogger adalah jenis spyware yang merekam aktifitas pada keyboard Anda. program tersebut memiliki potensi berbahaya, karena termasuk dalam program malware, yaitu program yang bisa mengambil password dan nomer kartu kredit Anda.

 

Instruksi

1.  Mencari File Hidden

1

Tekanlah tombol Start yang berada di pojok kiri bawah layar komputer Anda. lalu klik Control Panel pada bagian kanan kolom yang muncul.

2

Pilihlah Appearance and Personalization, lalu, dibawah kategori pilihan Folder Options, klik pilihan Show Hidden Files and Folders. Dari panel Folder Options yang terbuka, pada tab View, pastikan bahwa pilihan Show hidden files, folders and drives tercentang. Hal ini akan menyebabkan semua file hidden akan nampak. File hidden selalu memiliki ikon yang tembus pandang.

3

Carilah dengan nama file yang ter-hidden dengan cara membuka folder yang ingin Anda lihat dan mengetik pada kotak pencarian nama file yang ingin Anda cari. Anda juga bisa mendapati file hidden dengan cara membuka sembarang file folder dan mencari ikon file yang tembus pandang.

2.  Mendeteksi Keylogger Dan Malware

4

Unduhlah program malware scanner yang dikhususkan untuk mencari spyware, seperti program Spybot S&D, Spy Shelter ataupun aplikasi sejenisnya.

5

Pasang program malware scanner tersebut dengan cara meng-klik dua kali file yang telah diunduh, klik tombol Next, dan lalu ikuti petunjuk pemasangan program ini sampai selesai.

6

Jalankan program scanner yang telah Anda pasang tadi. Program scanner ini secara otomatis akan mencari dan menemukan semua spyware ataupun keylogger yang dapat ditemukan.

Tips & Peringatan

Jangan menghapus file yang berpotensi sebagai file penting sistem operasi komputer Anda jika Anda tidak yakin, termasuk semua yang tersimpan di dalam folder “C:\Program Files,” “C:\System32,” or “C:\Windows”

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: