Home » Tips & Cara » Teknologi » Internet » Bagaimana Cara Memblok Situs Web Pada Mozilla Firefox

Bagaimana Cara Memblok Situs Web Pada Mozilla Firefox


Bagaimana Cara Memblok Situs Web Pada Mozilla Firefox Oleh SegiempatCara yang paling mudah untuk memblok suatu situs web tertentu, seperti situs web dewasa, situs penipuan ataupun scam maupun situs yang mengandung virus pada Mozilla Firefox adalah dengan menggunakan add-on, third-party gratis yang bernama BlockSite. Ekstensi BlockSite ini bukan hanya memblok situs-situs yang telah dimasukkan sebelumnya didalam blacklist ekstensi tersebut, tetapi juga dapat diatur untuk melumpuhkan semua tautan ke semua situs yang telah diblok dengan cara menampilkan hyperlink menjadi teks biasa yang tidak berfungsi sama sekali. BlockSite juga mempunyai sebuah fitur proteksi dengan menggunakan kata kunci yang membantu Anda menghindari penggantian pengaturan BlockSite oleh orang lain.

Instruksi

  • 1

Bukalah web browser Firefox, klik Tools lalu Add-ons. Klik Get Add-ons dan lalu Browse All Add-ons. Ketikkan ‘blocksite’ pada kotak pencarian disitus add-ons Mozilla Firefox yang telah terbuka lalu tekan Enter.

  • 2

Klik pada tombol Add to Firefox disebelah catatan penjelasan untuk BlockSite. Perbolehkan add-on untuk mengisi, biasanya kurang dari 5 detik, lalu klik tombol Install Now. Restart Firefox Anda jika diminta.

  • 3

Setelah pemasangan add-on telah selesai dan browser Anda telah direstart, sekarang pergilah ke Tools, lalu Add-ons, lalu klik pada tombol Preferences Blocksite. Pastikan bahwa tombol radio Blacklist tercentang, maupun pada Enable Blocksite, Enable warning messages dan Enable link removal.

  • 4

Periksalah Enable authentification, lalu masukkan kata kunci jika Anda ingin menjauhkan pengguna komputer yang lain untuk menghapus situs yang telah Anda blok sebelumnya atauun mengganti pengaturan BlockSite tanpa sepengetahuan Anda.

  • 5

Klik pada tombol Add, lalu masukkan URL dari situs web yang ingin Anda blok, lalu klik OK. Ulangi langkah ini untuk menambahkan situs web yang ingin Anda blok, atau klik tombol Clear untuk menghapus daftar Blacklist Anda. setelah daftar dari situs web yang ingin Anda blok telah selesai, klik OK dan restart Firefox Anda.

Tips dan Peringatan

  • Untuk mengimpor daftar situs yang ingin Anda blok, yang telah Anda simpan sebelumnya, klik pada tombol Import dijendela preferences, carilah dokumen yang berisi daftar situs yang telah Anda simpan sebelumnya, lalu klik OK. Dokumen ini akan menampilkan daftar situs yang telah  tersimpan pada bagian atas lalu diikuti dengan URL dari situs web yang ingin Anda blok.

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: