Kini sudah berbagai macam aplikasi Android telah dirilis, mulai aplikasi bisnis, entertain, game, dan lain sebagainya. Proses membuat aplikasi Android tersebut tentunya membutuhkan keahlian khusus yang dinamakan dengan programming (coding). Nah, bagaimana dengan orang awam yang ingin membuat aplikasinya sendiri, tapi tidak tahu dengan coding?

Untuk solusi mengenai itu, maka Anda bisa mencoba masuk ke dalam 6 situs ini. Karena, situs-situs berikut ini bisa memfasilitasi Anda untuk membuat aplikasi Android dengan mudah, tanpa perlu kemampuan coding atau programming.

1. AppMakr

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-1-oleh-tekno-segiempatUntuk situs yang pertama ini bernama AppMakr yang nantinya akan semakin mempermudah Anda dalam membuat aplikasi Android tanpa harus coding. Hebatnya lagi, setiap aplikasi yang telah Anda buat tersebut, nantinya akan dirilis dengan nama Anda sendiri sebagai pengembang. Anda pun bisa menghilangkan iklan, dan menambahkan beberapa fitur lainnya dengan cukup memilih paket berbayar saja.

Situs AppMakr ini pun sudah tersedia untuk 14 bahasa dari seluruh dunia (Internasional), seperti bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Spanyol, Perancis, India, Portugis, Jepang, Persia, Sinhala, Thailan, Indonesia, dan lainnya.

Kalau masalah tampilan sendiri, situs AppMakr ini lebih mudah untuk Anda gunakan. Karena, Anda akan diberi kemudahan seperti drag n drop saja ke dalam tampilan smartphone. Anda bisa dengan mudah memasukkan Header, ikon, dan juga gambar backgroundnya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda kunjungi langsung situs AppMakr tersebut.

2. AppMachine

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-2-oleh-tekno-segiempatYang berikutnya ada situs yang bernama AppMachine. Situs ini sendiri bisa Anda gunakan tidak hanya membuat aplikasi untuk platforma berbasis Android saja, melainkan Anda bisa juga menggunakannya untuk membuat aplikasi berbasis iOS. Tampilan dari situs AppMachine ini pun sangatlah kerena, dan Anda hanya cukup menggunakan fitur Drag n Drop untuk memasukkan fitur atau menu untuk kebutuhan aplikasi Anda tersebut.

Akan tetapi, situs yang satu ini memang harus merogoh kocek Anda cukup dalam. Karena, Anda diharuskan mendaftar terlebih dulu, dan membeli paket untuk membuat aplikasi yang sesuai keinginan Anda. Paket termurah itu hanya support untuk aplikasi HTML5 saja.

3. Appery.io

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-3-oleh-tekno-segiempatSitus yang ketiga ini bernama Appery.io. Situs ini sendiri memang termasuk pengembang aplikasi mobile yang memang sudah cukup banyak mengembangkan aplikasi. Dengan backend service yang terintegrasi serta kaya akan plugin API tentunya ini akan lebih menyederhanakan integrasi dengan service Cloud dan sistem Enterprise.

Di dalam pembuatan aplikasinya, situs Appery.io ini akan memberikan Anda kemudahan melalui pengembangan visual dengan berbagai sumber seperti Javascript. Nama dari situs Appery.io ini pun sudah cukup dikenal di dalam kalangan developer aplikasi mobile. Karena, sudah lebih dari 30 situs yang pernah membahas mengenai Appery.io ini.

Di dalam situs Appery.io ini, terdapat 5 paket yang bisa Anda pilih, mulai dari Starter, Standar, Pro, Premium, serta Enterprise. Pada penggunaan awalnya, Anda bisa menggunakan paket starter dulu. Karena paket ini memang sudah menyediakan 1 pembuatan aplikasi gratis, dengan 3 halaman. Walaupun memang gratis, tapi pihak Appery.io ini tetap akan memberikan Anda 1 juta API Call, penyimpanan 1GB, serta dukungan customer service dan technical.

Editor visual yang bisa Anda gunakan ini seperti drag n drop dan berbagai menu tambahan lainnya pun akan mempermudah Anda dalam pembuatan aplikasinya. Setelah aplikasi tersebut selesai, maka Anda bisa menggunakannya untuk platform perangkat Android, iOS, bahkan Windows Phone.

4. Good Barber

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-4-oleh-tekno-segiempatUntuk situs yang berikutnya bernama Good Barber. Situs ini sendiri telah dilengkapi dengan berbagai macam pilihan tema untuk para usernya. Anda bisa memilih tema awan atau pun tekno seperti game, maka bisa Anda gunakan. Sudah tersedia pula 350 ikon lebih yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan aplikasi Anda dengan desain yang lebih keren dan halus. Tidak sampai di situs saja, situs ini pun sudah menyediakan lebih dari 600 fonts Google, untuk membuat tampilan dari aplikasi Anda menjadi semakin keren. Situs ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis platform Android, iPhone, dan juga Web.

Namun, masih sama seperti situs-situs lainnya di atas. Good Barber ini pun tentunya tidak menawarkan semua hal itu secara gratisan. Jumlah yang harus Anda bayar pun cukup besar untuk bisa membuat sebuah aplikasi dari situs ini. Silahkan Anda kunjungi langsung situsnya untuk informasi lebih lanjut.

5. MIT App Inventor

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-5-oleh-tekno-segiempatPada situs untuk membuat aplikasi smartphone tanpa coding selanjutnya ini bernama App Inventor. Situs ini sendiri sebenarnya merupakan proyek dari Massachuset Institute of Technology (MIT) yang memang dirilis untuk mengajarkan semua masyarakat awam (pemula) untuk bisa merancang dan membuat aplikasi smartphone sendiri dengan berbasis block-based programming tool. Sebenarnya awal dari pembuatan situs ini dikembangkan oleh Professor Hal Abelson di Google.

App Inventor ini sebenarnya sebuah aplikasi yang disisipkan ke dalam situs MIT Media Lab yang bekerja sama dengan Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL). App Inventor ini sendiri sudah bisa mendukung lebih dari 3 juta pengguna dari 195 negara yang berbeda. Bahkan, sudah membuat lebih dari 7 juta aplikasi untuk perangkat Android.

Tampilan dari App Inventor ini pun cukup sederhana, sehingga memudahkan para user yang masih awam dalam menggunakannya. Karena, Anda cukup melakukan drag and drop saja untuk menambahkan menu ke dalam aplikasi buatan Anda. Setiap komponen atau menu yang Anda masukkan itu bisa Anda edit lagi nilainya. Keren kan?

6. Appy Pie

6-situs-ini-bisa-digunakan-bikin-aplikasi-android-tanpa-coding-6-oleh-tekno-segiempatUntuk yang terakhir ini bernama Appy Pie. Situs ini pun bisa mempermudah Anda dalam merancang dan juga membuat suatu aplikasi Android dengan mudah tanpa perlu tahu dunia coding. Cara penggunaannya pun masih sama dengan situs-situs di atas, cukup dengan drag and drop saja. Setelah aplikasi yang Anda buat tersebut selesai, maka bisa langsung Anda publish ke dalam Play Store atau pun App Store. Hebatnya lagi, aplikasi yang Anda buat tersebut bisa mendukung untuk perangkat smartphone lainnya seperti Blackberry, Windows, serta Kindle.

Sekarangn situs Appy Pie ini pun sudah menyedikan fitur baru, yang mana para user bisa membuat game sendiri. Bagi Anda yang suka bermain game, maka tentunya bisa membuat game sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, itulah beberapa daftar situs yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat aplikasi smartphone seperti Android, tanpa harus memiliki pengetahuan coding.

LEAVE A REPLY