Kecepatan internet pada smartphone memang kadang naik turun. Ini biasanya tergantung dari jaringan provider SIM yang Anda gunakan. Kalau memang area tersebut sudah tercober dengan jaringan 4G LTE, maka kecepatan internet Anda pun bisa lebih cepat. Tapi, kalau masih juga lambat, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Blok semua iklan

5-cara-mudah-menambah-kecepatan-internet-di-android-1-oleh-tekno-segiempat

Iklan merupakan salah satu konten internet yang lebih banyak menyedot kuota internet Anda dibandingkan konten situs atau sosial media itu sendiri. Selain itu, iklan yang biasanya berisikan video, animasi, atau gambar yang terlalu besar akan membuat kecepatan internet Anda menjadi lebih lambat. Karena, smartphone Anda itu harus meload terlebih dahulu iklan tersebut.

Maka dari itu, tips pertama untuk mempercepat koneksi internet di hp Android Anda adalah dengan melakukan pemblokiran iklan. Browser seperti Opera dan juga UC browser biasanya sudah dilengkapi dengan Ad Blocker, sehingga iklan pada situs tidak akan tampil. Dan, kalau untuk memblokir semua iklan di Android, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara blokir semua iklan di hp Android“.

2. Ubah resolusi gambar (kompres)

5-cara-mudah-menambah-kecepatan-internet-di-android-2-oleh-tekno-segiempat

Setiap browser terbaru saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengkompres resolusi dari gambar, yang dikenal dengan fitur Data Saving. Dengan ukuran resolusi gambar yang pada sebuah konten ini biasanya yang akan mempengaruhi kecepatan internet Anda. Untuk itu, fitur data saving ini akan membuatnya menjadi lebih cepat kembali.

3. Bersihkan cache

5-cara-mudah-menambah-kecepatan-internet-di-android-3-oleh-tekno-segiempatSetiap kita membuka konten yang berhubungan dengan internet di smartphone, maka itu pasti akan menyimpan cache. Kalau Anda tidak mempedulikan hal tersebut, maka jumlah cache ini akan semakin banyak dan bisa membuat smartphone Anda menjadi lemot. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan cache pada hp Android Anda dengan cara membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara membersihkan cache di hp Android“.

4. Gunakan VPN

5-cara-mudah-menambah-kecepatan-internet-di-android-4-oleh-tekno-segiempatVPN ini biasanya digunakan untuk membuka konten yang diblokir oleh provider internet lokal tanah air. Tapi, sebenarnya VPN ini juga berguna untuk mempercepat koneksi internet di hp Android Anda. Apalagi kalau konten tersebut berada di negara lain. Maka dengan VPN ini, Anda bisa menggunakan IP negara tersebut untuk membuka konten dengan lebih cepat.

5. Gunakan jaringan otomatis (3G/4G)

5-cara-mudah-menambah-kecepatan-internet-di-android-5-oleh-tekno-segiempat

Terkadang suatu area memang tidak selalu dicover dengan jaringan yang cepat seperti 4G LTE. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengubah setingan pada hp Android Anda menjadi otomatis. Seperti misalnya, saat Anda berada di area jaringan 3G, maka otomatis hp Android Anda akan mendapatkan jaringan 3G. Tapi, kalau mendapat jaringan 4G, maka itu akan otomatis juga berubah menjadi 4G. Sehingga nantinya bisa menyesuaikan saat berada di lokasi tersebut.

Nah, itulah cara mudah untuk meningkatkan kecepatan internet pada hp Android. Semoga bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY