Konsol game PS4 merupakan konsol game tersebut yang dibuat oleh Sony PlayStation. PS4 ini merupakan versi terbaru dari PlayStation yang merupakan konsol game yang paling terkemuka saat ini, yang menjadi saingan dari X-Box, Nintendo, dan lainnya. PS4 sendiri memiliki kemampuan untuk menampilkan game-game dengan kualitas HD, sehingga game-game yang Anda mainkan ini bisa terlihat lebih detail dan nyata. Hanya saja, harga dari satu perangkat konsol ini memang cukup mahal. Belum lagi game-game yang digunakan itu harganya berada di atas Rp. 100 ribuan. Karena, memang belum ada yang mampu melakukan jailbreak atau crack terhadap konsol game yang satu ini.

Pada artikel kali ini Saya tidak akan membahas mengenai crack atau pun jailbreak pada PS4 ini. Tapi, di artikel kali ini Saya akan memberikan 5 informasi penting yang sebaiknya diketahui oleh para user PS4 tersebut. Apa sajakah hal-hal tersebut? Silahkan Anda lihat di bawah ini:

1. Mengatur folder untuk game

Pada perangkat konsol game PS4 tampilan atau user interface (UI) yang dimiliki itu memang cukup keren. Tapi, kalau jumlah game yang ada di dalam perangkat PS4 Anda tersebut sudah cukup banyak, maka pasti Anda akan cukup kebingungan juga dalam menemukan game yang ingin Anda mainkan tersebut. Dan, tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu Anda untuk mencari game yang Anda inginkan tersebut.

tips-penting-yang-perlu-diketahui-untuk-pengguna-ps4-1-oleh-tekno-segiempat

Nah, untuk mempermudah Anda dalam mencari game yang ingin Anda mainkan, maka ada baiknya Anda melakukan sedikit pengaturan atau management data game, dengan membuat kategori yang khusus untuk masing-masing game yang ingin Anda mainkan. Misalnya saja untuk game GTA V, Anda bisa menempatkannya pada di dalam kategori atau genre adventure. Kalau Anda memiliki banyak game balapan seperti NFS underground atau lainnya, maka Anda bisa membuatkannya folder lagi dengan nama Racing. Dengan membuat folder berdasarkan genre game yang Anda miliki, tentunya Anda akan lebih mudah dalam mencari game yang ingin Anda mainkan.

2. Menambah jumlah kapasitas dari media penyimpanan

tips-penting-yang-perlu-diketahui-untuk-pengguna-ps4-2-oleh-tekno-segiempat

Pada perangkat konsol Playstation (PS) 4 ini memiliki kapasitas media penyimpanan yang berbeda-beda, tergantung dari pilihan konsumen. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui saat ini, kapasitas dari game-game terbaru saat ini sudah sangat besar. GTA V yang merupakan salah satu game paling populer saat ini harus disediakan space minimal 50GB – 60GB. Nah, kalau kapasitas media penyimpanan bawaan dari PS4 Anda hanya 120GB, maka ini tentunya hanya bisa memuat beberapa game saja.

Maka dari itu, untuk bisa membuat kapasitas media penyimpanan Anda menjadi lebih besar, maka Anda bisa menggunakan hardisk (HDD) eksternal sebagai media cadangan untuk menyimpan game-game Anda. Cara ini merupakan cara terbaru yang memang sudah diupdate oleh PS4 langsung. Sehingga Anda pun tidak perlu lagi pusing-pusing untuk membongkar konsol PS4 Anda tersebut.

3. Bisa live streaming juga ke Youtube dan lainnya

tips-penting-yang-perlu-diketahui-untuk-pengguna-ps4-3-oleh-tekno-segiempat

Konsol game PS4 ini memiliki stick atau dualshock yang telah dilengkapi dengan tombol share (berbagi). Tombol share tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melakukan live streaming atau menyiarkan langsung aktivitas bermain game Anda di PS4, ke dalam situs video streaming seperti Youtube dan juga Twitch yang memang biasa digunakan oleh para gamer.

Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda bisa memilih Broadcast Gameplay. Setelah itu, silahkan Anda pilih salah satu layanan medis streaming yang ingin Anda gunakan, misalnya saja Youtube agar bisa juga sekalian dimonetize. Dengan ini kemungkinan Anda bisa menjadi salah satu bintang atau artis Youtube terbaru.

4. Merubah tampilan background

tips-penting-yang-perlu-diketahui-untuk-pengguna-ps4-4-oleh-tekno-segiempatKalau pada komputer desktop atau pun laptop, Anda tentunya dengan mudah mengubah background dari komputer Anda dengan memilih gambar yang Anda inginkan. Pada aplikasi Steam sebagai penyedia layanan jual beli game digital memiliki fitur untuk bisa merubah tampilan backgroundnya berdasarkan screenshot dari game yang Anda mainkan.

Nah, pada perangkat konsol game PS4 pun demikian. Anda, bisa dengan mudah untuk mengambik screenshot game dan juga menjadikannya sebagai background dari konsol PS4 Anda. Di sini Anda cukup membuka folder galeri dari PS4 Anda tersebut, lalu pilihlah salah satu screenshot game yang pernah ambil untuk dijadikan background. Anda pun bisa dengan mudah mengatur opacity atau bayangan dari gambar tersebut agar bisa membaca teks yang muncul. Keren kan!

5. Upload gambar screenshot atau video ke sosial media

tips-penting-yang-perlu-diketahui-untuk-pengguna-ps4-5-oleh-tekno-segiempat

Selain dengan melakukan live streaming seperti yang telah Saya jelaskan pada poin ketiga di atas, di konsol PS4 ini Anda bisa menguplad hasil screenshot atau pun video Anda tersebut ke dalam akun sosial media Anda. Untuk bisa menggunakannya tersebut Anda juga cukup menekan tombol berbagai (share) yang ada di bagian kiri atas touchpad dualshock 4 Anda.

Setelah itu, Anda pun akan langsung bisa memilih foto atau video mana yang ingin Anda upload ke dalam akun sosial media Anda tersebut. Anda pun bisa menyimpan foto atau video tersebut ke dalam media penyimpanan eksternal seperti HDD eksternal atau flashdisk untuk diedit terlebih dahulu, yang kemudian diupload dari perangkat komputer. Cara ini pun banyak digunakan oleh para youtuber gaming saat ini. Karena, menurutnya ini cara paling simpel dan tidak perlu repot-repot lagi.

Nah, itulah beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui oleh para pengguna perangkat konsol game PS4 ini. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, tentunya Anda pun bisa lebih familiar lagi saat menggunakan konsol game PS4 Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY