Bermain game itu tidak hanya di perangkat konsol dan juga PC. Akan tetapi, perangkat smartphone pun juga telah dilengkapi dengan berbagai macam game yang menarik untuk dimainkan. Fitur dan juga gameplay yang disediakan pun tidak kalah hebat dari game-game konsol dan PC.

Untuk Andayang memang sangat suka bermain game. Maka Anda bisa juga mempertimbangkan smartphone sebagai platform gaming Anda. Apalagi, setelah Anda membaca artikel mengenai beberapa kelebihan dari game smartphone berikut ini.

– Tersedia banyak game gratisan

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-1-oleh-tekno-segiempatDi perangkat smartphone khususnya pada Android, tentunya kita semua sudah tahu kalau di Google Play Store itu terdapat banyak game-game gratisannya. Dengan berbekal hal ini, tentunya akan memberi Anda keuntungan tersendiri saat ingin bermain game. Untuk masalah kualitas juga tidak kalah bagus dari game-game PC atau konsol. Grafis yang sudah 3D ada juga, gameplay yang lumayan keren tentunya bisa menjadi salah satu acuan Anda untuk bermain game lebih lama.

Dan, yang membuat game smartphone itu lebih baik adalah karena banyak yang gratisan. Akan tetapi, untuk bisa menikmati game-game tersebut maka Anda tentunya harus mendownload dan menginstallnya lagi di smartphone Anda. Jadi, pastikan Anda terhubung ke internet sebelum mendownloadnya.

– Bisa multiplayer juga

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-2-oleh-tekno-segiempatTidak hanya pada game PC dan konsol yang memiliki fitur multiplayer saja. Pada game-game smartphone pun sudah ada yang bisa dimainkan dengan fitur multiplayer. Anda bisa bermain game berdua dengan terhubung melalui bluetooth pairing, Wifi, atau pun dengan teman Anda yang berbeda kota atau negara dengan Anda. Keren kan!

– Gamenya murah-murah

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-3-oleh-tekno-segiempatKalau pada poin pertama Saya telah menempatkan game gratisan, pada poin ketiga ini memang ada juga game yang berbayar, tapi harganya itu murah-murah. Harga game-game tersebut tentunya tidak semahal dengan game PC atau konsol yang harganya hingga ratusan ribu rupiah.

Tahu gak! Salah satu penyebab banyak orang yang lebih memilih memainkan game bajakan daripada game original itu adalah karena harganya yang kemahalan! Mudah-mudahan developer game membaca pesan ini. Soalnya, tadi malama Saya sempat melakukan refund game di Steam, hanya karena sudah menemukan game bajakannya. Harga game yang Saya refund itu senilai Rp. 169 ribuan.

Di Google Play Store sendiri, dengan uang Rp. 5 ribu rupiah saja, maka Anda sudah bisa memainkan game original yang juga lengkap dengan fitur-fiturnya. Game yang termahal di Play Store itu hanya berada pada kisaran Rp. 200 ribuan saja. Sedangkan kalau kita masuk ke game-game konsol dan PC itu rata-rata berada di kisaran Rp. 300 ribuan. Belum lagi kalau itu adalah game yang bisa dimainkan di banyak platform, maka harganya pasti gila-gilaan.

– Fleksibilitas

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-4-oleh-tekno-segiempatUntuk yang poin yang satu ini pasti sudah sangat jelas. Walaupun memang ada beberapa konsol portable seperti Nintendo Swtich dan PS. Namun, untuk masalah fleksibilitas, tentunya smartphone jauh lebih baik. Pasalnya, dengan menggunakan smartphone Anda bisa memanfaatkannya dengan berbagai macam kebutuhan, tidak hanya game saja. Anda masih bisa berkomunikasi dengan teman Anda melalui media sosial, aplikasi chating, video call, menelpon dan menerima panggilan telepon, dan lain sebagainya.

Hebatnya lagi, sudah tersedia juga joystik untuk bisa bermain game di perangkat smartphone. Sedangkan kalau dayanya itu sudah mulai habis, maka Anda bisa menggunakan power bank sebagai pengisi daya portable saat smartphone Anda sudah mulai kehabisan daya. Daya tampung penyimpanan dari smartphone pun sudah cukup besar. Sehingga bisa menyimpan banyak game sekaligus.

– Bisa Augmented Reality

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-5-oleh-tekno-segiempatFitur Augmented Reality (AR) yang terdapat pada smartphone tentunya tidak bisa Anda nikmati pada perangkat PC atau konsol. Hebatnya lagi, di smartphone juga sudah mendukung fitur VR (Virtual Reality) seperti pada perangkat game PC. Bahkan, perangkat VR yang bisa Anda gunakan itu tidaklah semahal perangkat VR PC. VR ini pun bisa Anda buat sendiri menggunakan kardus bekas, seperti VR buatan Google yang dinamakan dengan Google Cardboard. Kalau pun memang Anda ingin membeli VR sendiri, maka harganya tentunya tidak akan semahal VR untuk PC dan konsol.

– Developer kecil dan indie bisa mengambil bagian

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-6-oleh-tekno-segiempatMemang sih developer game kecil dan indie juga ada di platform PC dan konsol seperti Steam dan jugaa Playstation Store. Tapi, tingkat saingan di perangkat PC dan konsol itu jauh lebih berat dibandingkan dengan smartphone. Sehingga, para developer indie dan juga kecil untuk PC dan konsol ini sulit bersaing dan sukses.

Akan tetapi, ini berbeda dengan game smartphone. Para developer kecil dan yang masih indie di Play Store itu diberikan tempat yang cukup luas untuk bisa bersaing dengan developer lainnya. Bahkan, kalau Anda membuka satu game Play Store, pasti Anda akan melihat game-game related yang gameplaynya itu terbilang masih sama. Tapi, jumlah yang menginstall game tersebut pasti tidak tidak jauh berbeda.

Itu berarti para konsumen game di smartphone itu tidak banyak pilih-pilih saat ingin memainkan game. Mereka hanya butuh suasana atau background yang baru, walaupun gameplay yang tetap sama.

– Masuk turnamen besar kelas internasional (eSport)

kelebihan-bermain-game-di-smartphone-daripada-di-pc-atau-konsol-7-oleh-tekno-segiempatNama eSport tentunya sudah tidak asing lagi untuk para gamer, khususnya dari platform PC. Tapi, kini game smartphone juga sudah mulai masuk pada ajang gaming berkelas, bertaraf internasional ini. Contoh game yang masuk dalam kompetisi dunia ini adalah Hearthstone dan juga Clash Royale. Dan, tidak hanya mereka berdua saja. Kini sudah banyak juga game-game lain yang sudah melakukan kompetisi masing-masing.

Nah, itulah beberapa kelebihan bermain game smartphone yang tidak kalah hebat dari game konsol dan PC. Anda suka yang mana?

LEAVE A REPLY