Bermain game di PC memang jauh lebih seru dibandingkan harus bermain di perangkat konsol game. Di PC Anda bisa dengan bebas mengatur kemampuan grafis dari game Anda tersebut. Jadi, level detail dari game tersebut bisa terlihat lebih nyata. Sedangkan pada perangkat konsol, pengaturan grafisnya itu sudah dioptimize secara otomatis dari konsolnya. Jadi, Anda tentunya tidak akan bisa melihat dengan lebih detail tampilan grafis dari game tersebut. Selain itu, pada game PC juga telah disediakan berbagai macam mod untuk membuat tampilan dari grafis, karakter, game play dari game tersebut menjadi lebih menaruk dan seru.

Akan tetapi, untuk bisa memainkan game di PC itu membutuhkan satu perangkat tambahan sebagai pengolah grafisnya yang bernama VGA Card. VGA Card ini memiliki berbagai macam tipe dan performa yang berbeda-beda. Harganya pun tentu bervariasi, yang disesuaikan dengan performa VGA Card tersebut.

Nah, bagaimana kalau budget Anda saat ini untuk merakit PC gaming belum sampai bisa membeli VGA Card? Hal tersebut, tentunya tidak perlu terlalu Anda khawatirkan. Karena, di artikel kali ini Saya akan membagikan tentang cara bermain game PC dengan lancar tanpa harus menggunakan VGA Card. Cara ini sebenarnya menggunakan bantuan software pihak ketiga.

Software apa sajakah itu? Silahkan Anda simak di bawah ini selengkapnya.

1. Software 3D Analyze

cara-bermain-game-di-pc-dengan-lancar-tanpa-vga-card-1-oleh-tekno-segiempat

Software yang pertama ini bernama 3D Analyze, di mana software ini bisa menjalankan game dengan fitur DirectX tanpa harus memiliki hardware yang mumpuni. Artikel tentang cara menggunakan software 3D Analyze ini sudah pernah Saya bahas sebelumnya dengan judul “cara bermain game berat tanpa VGA di PC“.

2. Software SwiftShader

cara-bermain-game-di-pc-dengan-lancar-tanpa-vga-card-2-oleh-tekno-segiempat

Software yang kedua ini tidak kalah hebatnya dengan software yang pertama yang sudah mendukung fitur DirectX 9.0 dan juga OpenGL ES 2.0 yang biasanya diminta setiap game-game berat saat ini. Untuk cara penggunaan dari software SwiftShader ini bisa Anda simak di bawah ini:

  • Silahkan Anda download terlebih dahulu software SwiftShader ini, yang sudah tersedia untuk sistem operasi 32bit dan juga 64bit. Anda bisa mencarinya sendiri di Google.
  • Setelah itu, silahkan Anda ekstrak filenya kalau dalam format Zip.
  • Cari file d3d9.dll yang ada di dalam foldernya, lalu copy dan paste di dalam folder game yang ingin Anda mainkan tersebut.
  • Silahkan Anda klik game tersebut untuk menjalankannya.

3. Sofware Razer Cortex: Game Booster

cara-bermain-game-di-pc-dengan-lancar-tanpa-vga-card-3-oleh-tekno-segiempat

Software yang berikutnya ini dari sebuah developer dan juga vendor ternama yaitu Razer. Nama Razer dalam industri gaming memang cukup terkenal, dengan berbagai hadware dan aksesoris gaming yang dimilikinya tersebut. Nah, dengan menggunakan softwarenya yang bernama Razer Cortex: Game Booster, maka Anda pun bisa bermain game di PC dengan lancar, walaupun tanpa menggunakan VGA Card. Anda cukup download sofware Sofware Razer Cortex: Game Booster di PC Anda, dan install. Setelah itu, jalankan softwarenya. Nantinya software ini akan otomatis bekerja untuk bisa membuat performa PC Anda menjadi lebih baik untuk menjalankan game tanpa VGA card.

Nah, dengan berbagai softare tersebut Anda bisa bebas bermain game apa pun di PC, sambil menabung untuk membeli VGA Card baru.

LEAVE A REPLY