Banyak yang mempertanyakan mengenai “bagusan mana PC gaming atau konsol ?“. Kalau jawaban Saya pribadi kepada orang-orang yang bertanya seperti itu, pastinya menjawab “PC gaming lah, blok !“. Maaf, kalau jawabannya agak kasar, soalnya Saya memang sudah sangat sering mendapatkan pertanyaan tersebut. Apa alasan Saya menjawab PC gaming lebih bagus dari konsol? Simak di bawah ini:

1. Memudahkan upgrade

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-1-oleh-tekno-segiempatAlasan paling pertama dan yang paling sering diungkapkan oleh para pengguna perangkat PC gaming adalah karena memudahkannya untuk proses upgrade. Proses upgrade ini tidak hanya untuk hardware PC saja, melainkan untuk software-software yang ada di dalamnya. Sangat berbeda jauh dengan perangkat konsol gaming seperti PlayStation (PS) , XBox, Nintendo, dan lainnya. Untuk bisa melakukan upgrade pada perangkat konsol game Anda pastinya harus membeli perangkat terbarunya seperti PS3 menjadi PS4, atau PS4 ke PS4 Pro. Harga untuk menggantinya ini pun tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan versi sebelumnya. Karena proses upgrade ini adalah membeli perangkat konsol baru lagi.

Tidak seperti pada perangkat PC gaming. Jika memang game yang Anda mainkan ini kekurangan kapasitas RAM, maka Anda cukup membeli tambahan RAM lagi, tanpa harus mengganti RAM lama. Karena, di dalam PC gaming setiap bagian memang bisa dengan mudah untuk Anda lepas dan ganti sesuka hati. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan laptop, biasanya tergantung dari vendor dari laptop gaming tersebut. Tapi, umumnya laptop gaming itu hanya bisa diupgrade pada bagian RAM dan juga hardisk saja. Sementara untuk VGA Card saat ini sudah ada yang menggunakan VGA Card eksternal, sehingga membuat performa gaming di laptop Anda menjadi semakin maksimal lagi.

2. Game baru bisa, game jadul bisa, lintas platform juga bisa

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-2-oleh-tekno-segiempatDi perangkat PC gaming, sangat memungkinkan Anda untuk memainkan game-game baru dengan performa maksimal tentunya disesuaikan dengan spesifikasi hardware Anda. Selain itu, game-game jadul dan bahkan lintas platform pun bisa Anda mainkan pada PC gaming. Sangat berbeda jauh dengan perangkat konsol. Misalnya, saja game yang dulunya dimainkan di PS2, sudah pasti tidak dapat dimainkan di konsol game PS3 atau PS4, walaupun Anda memiliki CD/DVD aslinya.

Pada PC gaming, tidak hanya bisa memainkan game jadul, Anda pun bisa memainkan game-game dari konsol-konsol tersebut dengan bantuan emulator tentunya. Bahkan, game yang ada pada platform mobile seperti Android dan lainnya pun bisa Anda mainkan dengan bebas. Game-game online di sosial media bahkan dengan lancar dimainkan di PC gaming. Coba di perangkat konsol, bisa gak mainkan game Android atau game dari konsol versi sebelumnya?

3. Bisa setting ke performa maksimal

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-3-oleh-tekno-segiempatBermain game dengan settingan maksimal dari segi grafis tentunya akan memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan. Karena, dengan mensetting grafis dari game tersebut ke performa yang maksimal, maka Anda bisa merasakan benar-benar masuk ke dalam game tersebut. Pada perangkat konsol game, settingan grafisnya sudah dibuat default. Bahkan, pada game yang seharusnya memiliki grafis keren dan nyata akan terlihat buruk pada konsol game. Ini karena, hardware yang ada di dalam akan disesuaikan secara otomatis pada game yang akan dimainkan tersebut.

4. Bermain multiplayer online selamanya secara gratis

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-4-oleh-tekno-segiempatPada setiap konsol game memang ada juga yang mendukung fitur multiplayer online, tapi fitur tersebut adalah fitur berlangganan, yang harus Anda bayar setiap bulan atau tahunnya sesuai dengan biaya langganan Anda. Walaupun game yang Anda beli tersebut adalah game asli (original). Nah, pada perangkat PC gaming, game yang original yang mendukung multiplayer online bisa Anda mainkan selamanya tanpa perlu lagi membayar biaya langganan. Update langsung dari game tersebut pun akan Anda dapatkan secara gratis, yang penting Anda membeli game yang originalnya.

5. Nge-Cheat

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-5-oleh-tekno-segiempatNah, yang paling diminati oleh para pengguna perangkat PC gaming saat ini adalah cheat dari setiap game tersebut. Pada perangkat konsol game memang ada juga yang dilengkapi dengan cheat, tapi untuk menggunakannya pasti akan sangatlah sulit. Anda harus bisa masuk ke dalam sistem konsol game tersebut, dan menginstall mod atau cheat tersebut. Bagi Anda yang tidak tahu sama sekali mengenai sistem konsol game, pastinya akan sulit. Apalagi kalau konsol game tersebut memiliki firmware yang asli, tentunya menginstall mod atau aplikasi yang merusak bisa saja ditolak oleh firmwarenya.

Nah, pada perangkat PC gaming, game original pun bisa Anda mainkan dengan menggunakan cheat. Cheat ini pun bisa dengan mudah untuk Anda aktifkan dengan menggunakan tombol shortcut yang ada di keyboard Anda. Bahkan, beberapa game pun bisa Anda edit langsung tanpa memerlukan tambahan program cheat lagi. Sepertinya contohnya game Ark : Survival Evolved yang menyediakan settingan file untuk dimodifikasi manual oleh para usernya, kalau ingin bermain single player atau pun lokal (non-hosted).

6. Support dengan berbagai perangkat tambahan dan platform lain

inilah-alasan-anda-harus-beli-pc-gaming-daripada-konsol-6-oleh-tekno-segiempatKalau Anda tidak suka bermain game dengan mengguankan keyboard, maka Anda bisa menggunakan menggunakan joystick juga loh! Joystick ini pun bisa Anda pilih dari joystick Xbox, PlayStaion, atau pun USB. Untuk artikel tentang cara menggunakan joystick di Windows bisa Anda lihat di bawah ini:

Bahkan, PC gaming saat ini sudah mendukung pengguna virtual reality, yang mana Anda bisa memainkan game dengan menggunakan kacamata khusus yang dinamakan dengan Oculus Rift. Ini akan membuat Anda seakan-akan berada di dalam game tersebut.

Nah, apakah Anda masih ingin membeli konsol game? Sebagai tambahan info ya! Untuk harga konsol gaming terbaru saat ini, bisa jauh lebih mahal daripada rakitan PC gaming yang memiliki performa setara. Artikel terkait mengenai rakitan PC gaming tersebut bisa Anda lihat di bawah ini :

Informasi selengkapnya mengenai PC gaming ini bisa Anda lihat di link cara merakit PC gaming murah.

Sebenarnya, masih banyak lagi alasan lainnya kenapa PC gaming jauh lebih bagus dari pada konsol. Tapi, kalau Saya jelaskan semuanya, maka kemungkinan Saya akan menulis artikel ini seumur hidup, itu pun mungkin belum selesai.

Saran Saya kalau memang Anda ingin menjadi gamer atau bermain game, jadilah gamer cerdas dalam memilih perangkat gaming. Jangan lihat budget atau harga, tapi nikmatilah kepuasaan Anda saat memainkan game tersebut.

LEAVE A REPLY