Melihat kekuatan sinyal dari kolom toolbar pada layar hp Android sudah menjadi cara mainstream. Tapi, bagaimana jika cara mainstream tersebut kita ubah menjadi anti-mainstream, sehingga perangkat hp Android Anda pun akan terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya. Cara anti-mainstream untuk melihat kekuatan sinyal dari perangkat hp Android ini adalah dengan memanfaatkan perubahan pada warna wallpaper di hp Android Anda.

Cara ini juga tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki gangguan pada mata, atau tidak mampu melihat ikon sinyal yang terlalu kecil tersebut. Cara mengetahui kekuatan sinyal dengan menggonta-ganti warna wallpaper pada perangkat hp Android ini bisa Anda simak dengan lebih lengkap di bawah ini.

Langkah-langkah mengubah wallpaper Android mengikuti kekuatan sinyal

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi yang bernama OpenSignal di perangkat hp Android Anda. Fungsi dari aplikasi ini adalah bisa untuk mendeteksi kekuatan sinyal pada setiap operator atua provider kartu SIM yang Anda gunakan, dan juga WiFi jika Anda terhubung dengan Hotspot. Dan, untuk mempermudah dalam proses instalasi aplikasi tersebut, maka Anda bisa mencarinya di dalam halaman Google Play Store langsung. Ikon dari aplikasi ini adalah gambar sebuah BTS yang berdiri di atas sebuah peta.
  • Jika aplikasinya sudah terinstal di perangkat hp Android Anda, maka silahkan Anda ganti wallpaper dari Android Anda, yang tentunya Anda harus memilih aplikasi OpenSignal ini. Lihat gambar di bawah ini.

trik-gonta-ganti-wallpaper-mengikuti-sinyal-ponsel-hp-android-1-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah Anda memilih aplikasi tersebut untuk wallpaper, maka secara otomatis wallpaper yang akan muncul pun adalah hasil dari generate dari aplikasi OpenSignal ini. Dan, untuk melakukan hal tersebut silahkan Anda tap pada tombol Set Wallpaper.

trik-gonta-ganti-wallpaper-mengikuti-sinyal-ponsel-hp-android-2-oleh-tekno-segiempat

  • Nah, wallpaper pada perangkat hp Android Anda pun pasti akan terganti. Dengan cara ini pun Anda kan lebih mudah untuk bisa mengetahui kualitas dari sinyal yang ada di sekitar atau tempat Anda, cukup dengan perubahan warna yang berganti pada wallpaper Anda. Untuk yang mendapatkan wallpaper berwarna merah, berarti di tempat Anda berada tidak ada sinyal sama sekali. Sedangkan untuk warna kuning (2G), hijau(3G) dan juga biru(4G), maka itu berarti sinyal Anda masih dalam kondisi bagus.

trik-gonta-ganti-wallpaper-mengikuti-sinyal-ponsel-hp-android-3-oleh-tekno-segiempat

Nah, itulah cara mudah dan unik untuk merubah wallpaper yang ada pada perangkat hp Android dengan warna polos yang mengikuti kekuatan sinyal ponsel Anda secara real time. Seperti yang telah Saya tuliskan di atas, bahwa warna tersebut akan bergonta-ganti dari gradasi antara warna hijau ke biru, kuning ke hijau, dan juga merah ke kuning. Dan, jika itu warna merah polos saja, maka itu berarti hp Android Anda tidak menerima sinyal sama sekali.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY