Media penyimpanan internal pada perangkat Android memang biasanya sangat kecil, sehingga mengharuskan para pengguna untuk menggunankan media penyimpanan eksternal, dengan menambahkan MicroSD. MicroSD ini biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai file multimedia seperti foto, video, dan musik. Selain itu, MicroSD ini pun bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan aplikasi-aplikasi Android Anda dengan cara memindahkannya dari memori internal.

Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori intenal ke memori eksternal Android? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

OS Android 5.0 (Lollipop)

Untuk Anda para pengguna perangkat Android 5.0 atau lebih dikenal dengan nama Android Lollipop bisa mengikut beberapa langkah di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka terlebih dahulu menu Settings.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi menu yang bernama Apps. Tap, pada menu tersebut, untuk melihat daftar aplikasi yang ingin Anda pindahkan.

cara-simpan-aplikasi-android-di-memori-eksternal-tanpa-aplikasi-tambahan-1-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah Anda melihat semua daftar aplikasi yang ada di dalamnya tersebut, Anda lanjut lagi dengan tap pada salah satu aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke MicroSD.
  • Di dalam aplikasi tersebut, silahkan Anda langsung saja tap pada tombol yang bertuliskan Move to SD untuk memulai proses pemindahan aplikasi ke MicroSD.

cara-simpan-aplikasi-android-di-memori-eksternal-tanpa-aplikasi-tambahan-2-oleh-tekno-segiempat

  • Proses pemindahan ini tidak akan berlangsung lama, jadi silahkan Anda tunggu beberapa saat.

Anda bisa melakukan langkah ini kembali ke aplikasi-aplikasi lain yang ingin Anda pindahkan.

OS Android 6.0

Untuk Anda yang menggunakan perangkat smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 atau lebih dikenal dengan nama Android Marshmallow, maka Anda bisa juga memindahkan aplikasi Anda tersebut ke MicroSD dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka menu Settings, lalu masuk ke dalam menu Apps.
  • Setelah Anda berada di dalam menu Apps tersebut, maka Anda bisa melihat semua daftar aplikasi yang telah terinstall di perangkat Android Anda tersebut.

cara-simpan-aplikasi-android-di-memori-eksternal-tanpa-aplikasi-tambahan-3-oleh-tekno-segiempat

  • Di langkah selanjutnya, silahkan Anda pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke memori eksternal Anda, lalu tap pada Strorage & USB.
  • Di sini Anda pun akan akan melihat opsi untuk penyimpanan ke Internal Storage atau External storage, silahkan Anda piliha yang External storage.

cara-simpan-aplikasi-android-di-memori-eksternal-tanpa-aplikasi-tambahan-4-oleh-tekno-segiempat

  • Tap pada tombol Next lagi, dan proses pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal pun akan berjalan.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal di Android Anda tanpa batuan aplikasi pihak ketiga dan root. Hanya saja, dengan cara ini akan ada beberapa aplikasi yang tentunya tidak dapat Anda pindahkan ke memori eksternal (MicroSD) Anda. Selain itu, agar aplikasi tersebut bisa cepat terbuka, gunakanlah MicroSD yang berkualitas bagus.

Untuk mengetahui mana MicroSD yang baik dan bagus, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul tips memilih MicroSD untuk smartphone.

LEAVE A REPLY