Dalam menghemat baterai pada smartphone memang ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara tersebut adalah dengan rutin menghapus Recent Apps pada smartphone Android. Akan tetapi cara tersebut ternyata bisa beresiko buruk juga terhadap performa dari smartphone Android Anda loh!

Menghapus Recent Apps ternyata berbahaya!

Di dalam perangkat smartphone Android terdapat fitur yang dinamakan Recent Apps. Recent Apps ini adalah sebuah fitur yang bisa menampilkan semua daftar aplikasi yang Anda buka. Ini lebih mirip dengan program Task Manager pada komputer Windows. Recent Apps ini mempermudah Anda untuk bisa mengakses kembali aplikasi yang telah Anda buka sebelumnya, sehingga halaman yang sementara Anda buka sebelumnya masih bisa Anda akses kembali dengan mudah dan lebih cepat.

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan kalau aplikasi yang ada di dalam Recent Apps ini masih tetap bekerja kan? Hal itu tidaklah benar! Aplikasi tersebut sebenarnya sudah berhenti dan sudah tersimpan di dalam Cache memori di hp Android Anda. Fungsi dari cache memori ini termasuk cukup penting, karena bisa membantu Anda untuk membuka kembali aplikasi yang ditutup, sehingga aplikasi tersebut bisa dibuka dengan lebih cepat lagi.

ini-bahayanya-menghapus-recent-apps-di-android-1-oleh-tekno-segiempat

Terus, kenapa bisa berbahaya kalau recent apps ini dihapus?

Kalau Anda menghapus recent apps ini, itu berarti cache memori sudah Anda bersihkan. Seperti yang telah Saya jelaskan di atas mengenai fungsi dari cache memori tersebut, bahwa itu akan berfungsi untuk menyimpan sejumlah aplikasi yang telah terbuka sebelumnya. Nah, kalau recent apps ini Anda hapus atau bersihkan, maka itu berarti aplikasi tersebut harus Anda buka kembali seperti sebelumnya. Saat Anda membuka sebuah aplikasi baru yang belum tersimpan di cache memori, maka ini akan membuat kinerja dari processor bekerja lebih keras lagi dan lagi. Karena, processor harus memproses kembali setiap aplikasi tersebut, sehingga ini bisa membuat kapasitas dari baterai Anda pun cepat berkurang.

ini-bahayanya-menghapus-recent-apps-di-android-oleh-tekno-segiempat

Kalau niat Anda di awal untuk membersihkan recent apps untuk bisa membuat smartphone menjadi lebih hemat baterai, maka sepertinya itu akan berakibat sebaliknya. Tapi, kalau memang Anda tidak ingin membuka lagi aplikasi baru, atau ingin melakukan pengisian baterai tanpa mengguanakan smartphone dulu, cara tersebut memang bisa dilakukan.

Bukan hanya menguras kapasitas baterai, membersihkan recent apps ini juga bisa membuat smartphone Anda menjadi cepat panas. Akibat processor dan hardware lainnya yang ikut bekerja dengan keras dari awal lagi.

Cara tepat dalam menghemat baterai

Untuk mempermudah Anda dalam menghemat daya pada baterai smartphone Anda, khususnya untuk hp Android sebenarnya sudah pernah Saya tuliskan artikelnya. Beberapa artikel terkait mengenai cara menghemat baterai Android saat dipakai itu bisa Anda lihat di bawah ini:

Gambar 3

LEAVE A REPLY