Firewall merupakan salah satu sistem pertahanan keamanan untuk perangkat komputer. Fungsi firewall ini adalah dengan memfilter setiap link ataupun alamat-alamat url (IP) yang dianggap berbahaya, lalu membloknya. Apalagi sekarang ini sudah merupakan jaman teknologi dan internet, sehingga hampir semua masyarakat di seluruh dunia sudah sangat membutuhkan komputer jaringan internet ini.

Kalau untuk komputer sendiri, fitur firewall ini sebenarnya sudah terpasang langsung dan menjadi bawaan dari sistem operasi. Tapi, untuk perangkat smartphone seperti Android, umumnya belum memiliki firewall tersebut. Biasanya, hanya berupa anti virus biasa saja yang menjadi sistem keamanan dari sebuah smartphone seperti Android.

Nah, pada artikel kali ini, Saya akan membagikan informasi kepada Anda mengenai cara untuk memasangkan firewall pada hp Android dengan mudah. Cara ini pun tidak memerlukan akses root lagi ke perangkat hp Android Anda. Anda penasaran dengan caranya? Silahkan Anda simak di bawah ini.

Cara pasang firewall untuk hp Android

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi yang bernama NoRoot Firewall untuk perangkat hp Android Anda. Silahkan Anda cari sendiri aplikasi melalui halaman pencarian Google ya. Karena, aplikasi ini sepertinya memang belum masuk ke dalam Google Play Store.
  • Setelah Anda berhasil mendownloadnya, silahkan Anda install aplikasi ini seperti biasanya.
  • Setelah aplikasi tersebut berhasil Anda install pada perangkat hp Android Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengklik pada tombol Start. Kemudian, berikan ijin pada koneksi VPN yang sudah ada pada aplikasi NoRoot Firewall ini. Kalau VPN belum ada, maka silahkan Anda install terlebih dahulu aplikasi VPN di perangkat hp Android

cara-pasang-firewall-di-hp-android-0-oleh-tekno-segiempat

  • Kemudian, pada bagian tab Pending Access Anda akan menemukan daftar aplikasi yang ada pada hp Android Anda, yang merupakan aplikasi yang membutuhkan akses ke internet. Kalau memang di situ ada aplikasi yang menurut Anda mencurigakan atau tidak pernah Anda install sebelumnya, maka sebaiknya Anda tap Deny saja.

cara-pasang-firewall-di-hp-android-1-oleh-tekno-segiempat

  • Beralih ke tab Apps, di sini Anda bisa dengan mudah untuk melakukan pengaturan mengenai aplikasi yang bisa Anda ijinkan untuk mengakses internet menggunakan jaringan Mobile atau pun Wifi. Silahkan Anda lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

cara-pasang-firewall-di-hp-android-2-oleh-tekno-segiempat

Dengan cara ini tentunya perangkat hp Android pastinya akan lebih aman, dan tidak perlu lagi takut untuk membuka berbagai macam situs. Selain itu, aplikasi yang harus selalu terhubung ke internet pun pastinya akan lebih aman seperti email, sosial media, dan lainnya. Virus yang membuat KOMINFO panik dan resah yaitu Ransomware WannaCry pun tentu bisa bisa dicegah untuk masuk ke dalam perangkat hp Android Anda.

Nah itulah cara paling mudah memasangkan firewall di perangkat hp Android Anda. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY