Memiliki smartphone dengan kamera yang resolusinya kecil, jangan membuat Anda berkecil hati. Karena, kamera dengan resolusi kecil itu juga masih banyak sekali manfaatnya loh! Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan dari kamera pas-pas-an yang terpasang di smartphone Anda.

Translate tulisan dari gambar

cara-manfaatkan-kamera-standar-smartphone-agar-terlihat-canggih-1-oleh-tekno-segiempatBisa untuk membantu dalam menterjemahkan bahasa asing adalah salah satu kecanggihan teknologi kamera yang terpasang pada perangkat smartphone saat ini. Cara ini sangatlah bermanfaat digunakan jika Anda sedang berada di negara asing, dan masih belum benar-benar mengerti mengenai bahasa dari negara tersebut. Di sinilah manfaat yang penting dari kamera standar atau pas-pasan dari smartphone Anda. Anda cukup membuka aplikasi Google Translate pada smartphone Anda. Lalu, Anda pilih bahasa yang ingin diterjemahkan, dan tap pada icon kamera untuk mengambil gambar dari tulisan atau petunjuk dengan bahasa asing tersebut.

Selain aplikasi Google Translate, aplikasi lainnya yang bernama Googles juga akan sangat membantu Anda dalam menterjamahkan bahasa asing. Aplikasi Googles ini bahkan tidak perlu lagi Anda pilih bahasanya, karena aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi bahasa tersebut. Lalu, Anda akan dialihkan ke Google Translate untuk menterjemahkan bahasanya tersebut. Keren kan!

Bisa untuk scan barcode dan QR code

cara-manfaatkan-kamera-standar-smartphone-agar-terlihat-canggih-2-oleh-tekno-segiempatManfaat kedua yang bisa Anda dapatkan dari kamera smartphone Anda yang memiliki resolusi standar itu adalah dengan scan barcode. Barcode ini sendiri merupakan sebuah bentuk enkripsi kode yang tersembunyi di balik gambar atau garis yang berbeda-beda. Jika Anda pengguna aplikasi BBM, Line, dan lain sebagai, maka tentunya Anda akan sering menemukan yang namanya barcode.

Selain untuk membaca pin BBM, kamera pas-pasan pada smartphone Anda tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membaca barcode lainnya. Dan, untuk hal tersebut maka Anda bisa juga menggunakan aplikasi Googles.

Bisa mengubah gambar menjadi teks dokumen

cara-manfaatkan-kamera-standar-smartphone-agar-terlihat-canggih-3-oleh-tekno-segiempatMungkin cara ini masih sangat langka. Karena, pada perangkat komputer saja untuk bisa merubah gambar menjadi teks seperti ini Anda harus membeli sebuah software khusus. Tapi, jika Anda menggunakan kamera smartphone, maka Anda cukup menggunakan aplikasi yang bernama Googles. Di dalam Googles ini memang ada banyak sekali fitur canggih yang bisa membuat kamera smartphone Anda bisa terlihat canggih.

Untuk fitur merubah gambar menjadi teks-nya ini adalah dengan menggunakan metode OCR (Optical Character Recognition). Sebenarnya cara ini masih sama dengan cara untuk mentranslate di atas. Anda hanya cukup menyeleksi teks saja, lalu meng-copy-nya ke dalam aplikasi Office seperti WPS Office.

Digunakan untuk menyelesaikan permainan game Sudoku

cara-manfaatkan-kamera-standar-smartphone-agar-terlihat-canggih-4-oleh-tekno-segiempatGame sudoku ini adalah game yang berhubungan dengan angka-angka yang tersembunyi di dalam kotak-kota yang harus Anda tebak. Nah, dengan menggunakan aplikasi Googles pada smartphone Anda, maka Anda cukup mengambil foto dari layar game sudoku yang sedang terbuka. Dan, setelah itu aplikasi Googles ini akan secara otomatis mencari jawaban dari game Sudoku tersebut di internet.

Nah, itulah beberapa hal canggih yang bisa Anda manfaatkan dari kamera pas-pasan smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati kalau memiliki smartphone dengan kamera standar atau pas-pasan ya! Karena ternyata ada banyak sekali manfaatnya loh!

LEAVE A REPLY