Membuat file server di perangkat komputer mungkin sudah bukan lagi hal yang awam atau rahasia bagi para developer website dan lainnya. Pasalnya, sudah banyak sekali artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Apalagi saat ini juga sudah cukup banyak software yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat file server tersebut.

Saya sendiri pertama kali belajar membuat sebuah website dengan menggunakan platform Joomla dan WordPress dengan menggunakan file server seperti Xampp. Selain penggunaan yang lebih mudah, file server ini juga mendukung banyak sekali platform. Tampilannya pun sangat mirip dengan FTP server hosting website pada umumnya.

Tapi, pada artikel ini Saya tidak akan membahas mengenai Xampp pada perangkat komputer seperti PC dan laptop. Pada artikel kali ini Saya akan membahas mengenai file server untuk perangkat Android. Untuk Anda yang memang kesehariannya berhubungan dengan file penting, dan merasa kerepotan kalau hanya menyimpan file pada satu tempat saja, maka Anda bisa memanfaatkan perangkat Android Anda sebagai server untuk menyimpan berbagai file tersebut. Dengan begini Anda pun bisa mengaksesnya dengan mudah, kapan pun, dan di mana pun. Untuk cara membuat file server tersebut, bisa Anda simak di bawah ini.

 Cara mudah membuat file server di perangkat Android

  • Untuk tahap pertama, yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari aplikasi Android yang bernama “WiFi FTP Server”. Anda bisa menemukan aplikasi ini dengan mudah pada halaman Google Play Store di dalam perangkat hp Android Anda langsung.
  • Jika aplikasinyas tersebut sudah berhasil terpasang pada perangkat hp Android Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengklik pada menu Setting yang letaknya itu ada pada bagian sudut kanan atas layar Android Anda dengan ikon gear.
  • Jika halaman Setting sudah terbuka, silahkan Anda masukkan “User ID” dan juga “Password”. Pastikan user dan password ini jangan hilang atau sampai Anda lupa. Karena ini adalah user dan password untuk bisa masuk ke dalam file FTP Anda. Setelah itu, silahkan Anda hilangkan tanda centang yang ada di opsi “Anonymous Access”.

cara-bikin-file-server-sendiri-di-hp-android-1-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah itu, silahkan Anda kembali pada menu pertama dengan tap pada opsi “Start”. Nah, nantinya itu akan muncul alamat url yang ada di bagian bawahnya, pada kolom “Server URL”. Pastikan Anda mencatat alamat url tersebut.

cara-bikin-file-server-sendiri-di-hp-android-2-oleh-tekno-segiempat

  • Alamat url tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk bisa mengakses file server yang ada di dalam perangkat Android Anda, menggunakan aplikasi browser, file manager, atau pun FPT client. Anda pun bisa bebas mengaksesnya melalui perangkat komputer atau pun sistem operasi lainnya. Kalau Anda ingin mengaksesnya melalui internet, maka Anda bisa menggunakan fitur Port Forwarding.

 

Nah, itulah cara yang paling mudah untuk bisa memanfaatkan hp Android sebagai tempat file server. Dengan cara ini tentunya Anda bisa lebih mudah untuk membagikan file ada di perangkat Android Anda dengan perangkat lain. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY