Perangkat iPhone ini sama dengan perangkat smartphone lainnya. Tapi, entah kenapa peminat dari perangkat premium sangatlah banyak, padahal harganya itu super mahal, dan spesifikasinya pun tidak jauh berbeda dengan berbagai perangkat smartphone yang dijual dengan 1/4 harga dari perangkat iPhone ini.

Tapi, kalau kita merujuk ke masalah fitur, memang perangkat iPhone bisa dikatakan cukup lengkap. Namun, ternyat masih ada beberapa fitur yang mungkin beberapa penggunanya belum mengetahui cara untuk mengaktifkan dan menggunkannya. Kalau fitur-fitur tersebut belum dapat diaktifkan dan digunakan dengan baik, maka perangkat iPhone Anda tentunya belum teroptimasi dengan baik. Nah, di bawah ini Saya akan membagikan 7 tips untuk mengoptimalkan pemakaian iPhone berdasarkan fitur-fitur yang jarang digunakannya tersebut.

1. Mengunci aplikasi tertentu

Pada perangkat iOS seperti iPhone telah dilengkapi dengan fitur khusus untuk mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Nama fitur ini adalah Guided Access. Dengan adanya fitur tersebut, tentunya Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi. Fitur ini akan membatasi setiap orang yang menggunakan atau memakain perangkat iPhone Anda. Pengguna selain Anda hanya akan bisa menggunakan tombol home, sleep, dan volume saja, serta beberapa aplikasi lain yang memang Anda tidak kunci.

7-tips-untuk-optimalkan-pemakaian-iphone-1-oleh-tekno-segiempat

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut maka Anda bisa masuk pada menu Settings. Setelah itu, Anda pilih lagi menu General > Accessibility. Nah, di dalam menu ini Anda bisa mencari menu yang bernama Guided Access, dan silahkan Anda melakukan pengaturan sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Memilih banyak foto secara sekaligus

Beberapa dari Anda mungkin, kalau ingin menghapus foto yang banyak, maka menghapusnya satu persatu dulu. Cara itu sebenarnya akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi kalau jumlah foto yang ingin Anda hapus tersebut mencapai angka ratusan. Pada perangkat iPhone fitur untuk menghapus banyak foto secara sekaligus sebenarnya sudah disediakan, tapi mungkin Anda masih belum mengetahui caranya.

Untuk bisa menghapus banyak foto secara sekaligus pada perangkat iPhone itu, Anda cukup membuka folder Photos di perangkat iPhone Anda, lalu pilih pada opsi Select. Setelah itu, silahkan Anda tap setiap foto yang ingin Anda hapus untuk menyeleksinya. Setelah itu Anda tinggal geser layar iPhone Anda dengan jari Anda.

3. Mengubah tampilan safari seperti di PC desktop

Kalau Anda memang belum terbiasa untuk melihat halaman situs dengan tampilan mobile, maka Anda bisa mengubah tampilan dari website tersebut seperti tampilan di PC desktop dengan mudah. Di browser bawaan dari iOS yaitu Safari, telah diberikan fitur yang bisa mempermudah Anda untuk menampilkan tampilan desktop sebuah website. Anda cukup membuka halaman website tersebut menggunakan browser Safari di iPhone Anda, lalu silahkan Anda tap dan tahan tombol Refresh yang ada di kolom url. Tunggu hingga ada opsi yang keluar, dan pilih opsi yang bertuliskan Request Desktop Site.

7-tips-untuk-optimalkan-pemakaian-iphone-2-oleh-tekno-segiempat

4. Memaksa App Store menampilkan aplikasi

Salah satu permasalahan yang mungkin kerap kali Anda temuka pada pengguna iOS (iPhone) adalah tidak adanya aplikasi yang muncul pada halaman App Store. Tapi, kalau memang ini terjadi pada Anda, maka cara untuk mengatasinya itu sangatlah mudah. Anda cukup tap sampai beberapa kali pada salah satu tab yang ada di App Store. Cara ini adalah untuk membuat halaman tersebut bisa melakukan refresh App Store, agar bisa me-load setiap aplikasi yang ada.

5. Memberikan tanda pada foto atau screenshots

Fitur yang canggih dari iPhone ini termasuk banyak yang belum mengetahuinya. Pada setiap foto atau pun screenshots di perangkat iPhone Anda bisa diberikan penanda, berupa teks, dan juga zoom. Cara ini sebenarnya mirip dengan fitur tagging pada Facebook. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut caranya pun sangatlah mudah. Anda cukup masuk ke dalam aplikasi Photos, kemudian silahkan Anda pilih foto atau screenshots yang ada. Setelah itu, silahkan Anda tap pada opsi Edit untuk bisa masuk ke dalam mode editing.

7-tips-untuk-optimalkan-pemakaian-iphone-3-oleh-tekno-segiempat

Di dalam mode editing ini silahkan Anda tap lagi pada ikon dengan tiga titik (…) yang biasanya ada di bagian atas kiri layar iPhone Anda. Setelah itu, nanti akan muncul opsi Photo Editor, lalu pilih lagi Markup.

6. Menutup semua tab di browser Safari

Menutup tab secara keseluruhan pada browser yang umum digunakan seperti aplikasi Chrome atau pun firefox untuk smartphone sepertinya belum ada. Tapi, pada browser safari yang ada di dalam perangkat iPhone fitur untuk menutup semua tab secara langsung tersebut sudah tersedia. Fitur ini memang baru pertama kali diperkenalkan pada perangkat iOS 10.

7-tips-untuk-optimalkan-pemakaian-iphone-4-oleh-tekno-segiempat

Cara menutup semua tab pada browser safari secara sekaligus ini cukup mudah. Anda hanya bisa tap lalu tahan pada tombol Switcher, lalu pilih pada opsi Close Tabs.

7. Mematikan paksa aplikasi yang menguras RAM (memori)

Mematikan paksa aplikasi ini mungkin sudah sering Anda dengarkan atau bahkan lakukan pada perangkat Android, dengan cara force close. Tapi, pada perangkat iOS seperti iPhone, apakah Anda pernah melakukan hal tersebut?

Menutup paksa aplikasi pada perangkat iPhone ini tidak hanya satu persatu saja seperti di Android, di iPhone bisa dilakukan untuk keseluruhan aplikasi yang sedang berjalan di background, yang menguras kinerja RAM Anda. Caranya itu sangatlah mudah, silahkan Anda tap tombol Sleep dan tahan sampai muncul tombol Slide to power off.

Setelah itu, silahkan Anda lepas tombol Sleep tersebut, dan tekan dan tahan lagi selama beberapa saat pada tombol Home, hingga semua aplikasi yang menguras RAM Anda tersebut pun sudah dimatikan paksa.

Nah, itulah beberapa tips untuk bisa mengoptimalkan kinerja pada perangkat iPhone Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY