Salah gadget yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah iPhone. Perangkat ini memang salah satu perangkat yang berada dalam kelas flagship, karena harganya yang memang paling mahal sebagai perangkat komunikasi. Tidak hanya harga saja yang mahal, fitur yang terdapat di dalam perangkat iPhone ini juga terbilang cukup keren dan lengkap. Sehingga para penggunanya pun semakin tertarik untuk menggunakan dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, setiap perangkat gadget tentunya didukung dengan daya baterai untuk menghidupkan. Kalau daya baterai pada iPhone ini habis, maka perangkat iPhone Anda pun pasti tidak bisa digunakan. Anda harus melakukan pengisia ulang baterai lagi.

Untuk bisa menghemat pemakaian baterai pada perangkat iPhone Anda, agar bisa lebih tahan lama digunakan, maka Anda bisa mencoba 7 tips berikut ini.

1. Non-aktifkan fitur background app refresh

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-1-oleh-tekno-segiempatFitur ini merupakan fitur yang digunakan untuk memperbarui informasi dari sebuah aplikasi yang terinstall di iPhone Anda. Misalnya saja, Anda menggunakan aplikasi chat, dan ketika ada banyak chat yang masuk, maka Anda bisa langsung membuat chat tersebut tanpa harus memproses hal lainnya. Nah, fitur ini memang cukup menarik tapi, fitur tersebut akan sangat menguras kinerja dari baterai, karena akan digunakan setiap waktu tentunya.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, maka Anda cukup mengklik menu Settings, lalu masuk ke menu General, setelah itu pilih lagi menu Background App Refresh. Di dalam menu tersebut, silahkan Anda pilih aplikasi yang mana saja yang ingin Anda aktifkan atau matikan.

2. Aktifkan fitur Low Power Mode

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-2-oleh-tekno-segiempatUntuk tips selanjutnya adalah dengan mengaktifkan yang bernama Low Power Mode, kalau pada perangkat Android terbaru dikenal dengan nama Power Saver Mode. Manfaat dari fitur ini pasti akan sangat terasa. Karena, fitur Low Power Mode ini bisa mereduce (mengurangi) pemakaian baterai Anda menjadi 20 sampai 30 %.

Untuk cara pengaktifannya pun sangatlah mudah seperti berikut ini:

  • Silahkan Anda masuk pada menu Settings.
  • Pilih menu Battery.
  • Kemudian, silahkan Anda geser pada opsi Low Power Mode tersebut.

Fitur ini pun akan mempengaruhi beberapa mode pada iPhone Anda mulai dari efek visualisasi, download email, serta Siri. Tapi, kalau Anda memang sangat sedang membutuhkan baterai yang lebih optimal, maka tips ini tentunya perlu untuk lakukan.

3. Matikan semua widget yang tidak digunakan

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-3-oleh-tekno-segiempatDefault pengaturan tampilan dari perangkat smartphone seperti iPhone pasti sudah dilengkapi dengan beberapa widget pada layar utamanya. Widget tersebut beberapa di antaranya Stock, Weather, Calendar, dan lain sebagainya. Jika memang Anda jarang menggunakannya, maka silahkan saja Anda mematikan aplikasi tersebut.

Cara untuk mematikan fitur widget pada perangkat iPhone tersebut adalah sebagai berikut :

  • Silahkan Anda usap layar Anda ke bawah.
  • Setelah itu, scroll ke arah kiri, lalu pilih pada Today.
  • Sampai di sini, silahkan Anda scroll hingga ke menu paling bawah, lalu pilih Edit.
  • Silahkan Anda pilih aplikasi atau widget yang ingin Anda tutup.

Dengan cara ini tentunya baterai pada perangkat iPhone bisa lebih hemat lagi digunakan.

4. Matikan fitur Location Services (GPS)

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-4-oleh-tekno-segiempatFitur ini merupakan yang terhubung ke GPS iPhone Anda. Fitur tersebut biasanya digunakan jika Anda sedang memesan kendaraan atau barang online agar memudahkan menemukan lokasi Anda. Tapi, kalau memang Anda sedang tidak menggunakan layanan tersebut, maka sebaiknya Anda mematikannya saja.

Pasalnya, fitur ini memang cukup menguras kinerja dari baterai di perangkat iPhone Anda. Karena, fitur tersebut memang akan selalu mengupdate titik lokasi Anda berada, yang tentunya akan terhubung juga ke internet. Cara mematikannya itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik pada menu Settings.
  • Kemudian pilih lagi menu Privacy.
  • Selanjutnya silahkan Anda pilih pada Location Service, dan matikan opsi Location Services tersebut dengan menggeser tombol yang ada di sebelahnya.

5. Kalibrasi baterai iPhone Anda

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-5-oleh-tekno-segiempatSangat jarang yang mengetahui mengenai kalibrasi baterai ini. Kalibrasi baterai ini merupakan sebuah cara seperti mereset smartphone Anda. Pada baterai sendiri, proses kalibrasi tersebut mengharuskan Anda untuk menghabiskan semua daya dari baterai hingga mati total. Setelah itu, barulah baterai tersebut diisi kembali daya hingga benar-benar penuh, tapi dalam kondisi off (mati). Untuk bisa lebih mengoptimalkan baterai iPhone Anda, maka lakukan kalibrasi ini setiap sebulan sekali.

6. Hapus atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-6-oleh-tekno-segiempatDengan banyaknya aplikasi menarik yang beredar, tentunya Anda juga tertarik untuk menggunakannya, misalnya saja game-game online. Tapi, apakah memang aplikasi tersebut bermanfaat dan sering Anda gunakan? Aplikasi-aplikasi tersebut memang menarik, tapi cukup menguras juga daya baterai pada perangkat iPhone Anda. Apalagi kalau aplikasi tersebut bersifat online dan bekerja di background.

Nah, kalau memang aplikasi tersebut jarang Anda gunakan, maka Saya sarankan untuk uninstall atau hapus saja aplikasi tersebut.

7. Non-aktifkan fitur Reduce Motion

7-tips-ampuh-untuk-menghemat-pemakaian-baterai-iphone-7-oleh-tekno-segiempatPada perangkat iPhone yang membuatnya terlihat menarik dan keren itu adalah efek transisinya yang sangat smooth dan dinamis. Sehingga, membuat tampilannya menjadi lebih keren dari platform lainnya. Tapi, fitur tersebut termasuk sebagai salah satu penyebab baterai perangkat iPhone cepat terkuras habis. Kalau memang Anda tidak terlalu peduli dengan efek-efek tersebut, maka ada baiknya Anda mematikan saja efek tersebut dengan cara seperti ini :

  • Masuk ke memu Settings.
  • Pilih pada menu General, lalu ke Accessibility.
  • Di dalam menu tersebut, silahkan Anda cari opsi yang bernama Reduce Motion lalu, matikan fitur tersebut.

Nah, itulah 7 tips yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kinerja dari baterai di perangkat iPhone Anda, agar bisa optimal dan lama digunakan. Selamat mencoba

LEAVE A REPLY