7 Cara Cepat Atasi Android yang Lambat LoadingSmartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi sekalipun pasti kadang mengalami lag atau lemot. Ini tentunya tidak akan menyenangkan bagi Anda untuk menggunakannya lagi, sehingga berniat untuk menggantinya ke yang baru. Tunggu dulu! Anda bisa mengembalikan performa cepat dari Android Anda tersebut seperti baru lagi dengan mudah. Caranya tersebut adalah sebagai berikut.

1. Update selalu Android Anda

Sistem operasi Android tentunya telah dilengkapi dengan fitur untuk notifikasi baik itu untuk sistem operasinya sendiri, atau pun untuk aplikasinya. Setiap ada update dari sistem operasi Android atau pun dari aplikasi, maka Anda pun pasti akan menerima notifikasinya tersebut. Cara ini tentunya sangat membantu Anda jika memang ada masalah seperti bug atau error dari aplikasi atau sistem operasi Anda. Walaupun memang ada beberapa update yang malah membuat perangkat Android Anda semakin menjadi lebih lambat atau error. Tapi, dari vendor sendiri tentunya akan segera merilis update terbaru lagi untuk menutupi celah kesalahan tersebut.

Untuk itu, silahkan Anda sering-sering perhatikan notifikasi Anda atau membuka langsung pada menu Settings > About > System Update, untuk update sistem operasi. Sedangkan untu aplikasi, maka Anda pun bisa langsung saja masuk ke dalam halaman aplikasi Google Play Store.

2. Hilangkan widget yang tidak penting

Dalam mempercantik atau membuat keren tampilan Android Anda, maka biasanya terdapat berbagai macam widget yang akan ditampilkan pada halaman home. Widget tersebut berupa pemberitahuan cuaca, berita terupdate, widget pencarian google, dan lain sebagainya. Tapi, apakah semua widget tersebut penting untuk Anda? Pasalnya, semua widget tersebut sebenarnya hanyalah shortcut dari aplikasi yang bisa dengan mudah untuk Anda temukan Android Anda tentunya. Selain itu, widget-widget tersebut bisa menjadi penghambat smartphone Anda, sehingga membuatnya lambat loading. Karena, memang akan mengambil resource RAM yang cukup besar.

Untuk itu, Anda sebaiknya menghapus semua widget tersebut, untuk bisa melegakan resource RAM Android Anda, agar tidak lemot lagi.

3. Uninstall aplikasi yang tidak penting

Mungkin Anda terlalu sering mencoba-coba setiap aplikasi yang baru muncul di dalam Google Play Store, seperti game atau lainnya. Menginstall berbagai macam aplikasi hanya untuk ajang coba-coba saja akan membuat perangkat smartphone Anda bisa menjadi melambat. Ini karena resource yang akan diambil oleh setiap aplikasi tersebut biasanya cukup banyak. Sehingga membuatnya menjadi lebih lambat. Maka dari itu ada baiknya aplikasi-aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan dihapus atau diuninstall saja untuk mengurangi beban dari Android Anda.

Terkadang juga memang ada beberapa aplikasi yang sulit untuk dihapus, karena termasuk dalam bawaan dari sistem operasi. Namun, beberapa aplikasi tersebut biasanya juga akan selalu berjalan di background, walaupun tidak dibutuhkan. Untuk bisa menghentikan proses dari aplikasi bawaan tersebut selain menghapusnya, maka Anda bisa menonaktifkannya dengan cara, masuk ke dalam menu Settings > Apps. Lalu silahkan Anda pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan kerjanya, dengan tap pada opsi Disable atau Force Stop. Akan tetapi, kalau memang Anda ingin menghapus aplikasi bawaan dari Android Anda tersebut, karena mengambil space penyimpanan, maka Anda bisa membaca artikel Saya yang berjudul “cara hapus aplikasi bawaan Android“.

4. Matikan fitur animasi Android

Fitur yang membuat hp Android menjadi menarik dan keren adalah animasinya. Animasi ini sendiri merupakan fitur yang cukup banyak menguras resource dari RAM Android Anda. Sehingga Anda pastinya hp Android Anda bisa menjadi lambat. Untuk bisa mematikan fitur tersebut, maka Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > Developer Options. Di dalam menu tersebut, silahkan Anda ubah pada Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, serta Animator Duration Scale. Berikan nilain yang lebih kecil atau sekalian matikan (off) saja. Ini tentunya berlaku untuk semua smartphone Android, walaupun memiliki RAM yang besar, tapi terasa lambat.

5. Hapus cache

Tidak perangkat komputer saja yang menyimpan cache, namun untuk perangkat smartphone seperti Android pun telah disediakan. Cache ini sendiri merupakan tempat penyimpanan yang dari setiap aplikasi sementara atau yang sebelumnya pernah dibuka. Cache ini sendiri ini biasanya adalah sistem penyimpanan yang ada di dalam RAM. Jadi, walau RAM Android Anda ini mencapai 4GB, tapi kalau sudah dipenuhi dengan cache, maka ini bisa membut Android Anda melambat.

Untuk bisa membersihkan setiap cache pada smartphone Android, maka Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > Apps > All. setelah itu, silahkan Anda cari aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya. Pilihlah aplikasi yang sering-sering Anda buka seperti sosial media atau aplikasi chating. Setelah itu, tap pada Clear Cache. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk cara cepat membersihkan cache ini adalah dengan menginstall aplikasi Clean Master.

6. Gunakan launcher bawaan

Launcher merupakan salah satu aplikasi yang bisa membuat tampilan dari hp Android Anda menjadi semakin keren. Terdapat banyak sekali fitur yang di dalam launcher ini, yang bias Anda manfaatkan untuk membuat smartphone Anda lebih cantik dan keren. Tema atau tampilannya pun bisa Anda ganti-ganti dengan mudah. Karena memang telah dilengkapi dengan berbagai macam tema bawaan juga.

Ada begitu banyak launcher yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan gunakan di dalam perangkat Android Anda. Akan tetapi, beberapa launcher tersebut kadang mengalami bug, sehingga membuat smartphone Anda menjadi lambat. Maka dari itu, launcher terbaik yang bisa Anda gunakan di sini adalah launcher bawaan dari smartphone Android Anda.

7. Reset pabrikan (Factory Reset)

Cara terakhir yang bisa Anda tempuh untuk membuat smartphone Android Anda menjadi cepat kembali adalah dengan melakukan factory reset. Dengan cara ini maka semua pengaturan dan aplikasi-aplikasi yang telah Anda install akan langsung dihapus dari hp Android Anda. Cara ini pun bisa membuat smartphone Android Anda seperti baru lagi. Akan tetapi, pastikan untuk membackup setiap data yang ada di dalam hp Android Anda sebelum melakukan cara ini.

Cara untum melakukan factory reset ini cukup mudah, yaitu dengan masuk ke dalam menu Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset.

LEAVE A REPLY