Smartphone Android sebenarnya sudah dibekali dengan sistem keamanan terbaik dari Google sebagai penciptanya. Tapi, karena penggunaan Android saat ini memang sudah sangatlah banyak, maka semakin banyak pula yang ingin mencoba-coba untuk mencari celah keamanan tersebut dengan menggunakan virus.

Nah, bagaimana tanda kalau hp Android Anda ini sudah tidak aman atau bervirus? Silahkan Anda simak di bawah ini beserta dengan solusinya.

1. Selalu muncul pop-up promosi (iklan)

4-tanda-hp-android-terjangkit-virus-beserta-solusinya-1-oleh-tekno-segiempatTanda pertama yang bisa Anda perhatikan pada hp Android yang sudah mulai terjangkit oleh virus adalah iklan yang selalu muncul di tampilan layar hp Android Anda. Apalagi kalau iklan tersebut muncul tanpa Anda melakukan aktivitas apa pun di smartphone Android Anda tersebut, berarti virus tersebut sudah sampai menginfeksi sistem operasi Android Anda. Tapi, ada juga yang biasanya baru akan muncul Anda membuka salah satu aplikasi yang sudah terinfeksi, atau aplikasi browser.

Saat di dalam browser iklan-iklan ini akan lebih sering muncul. Dan, bisa membuat perangkat hp Android Anda tidak bisa diapa-apain lagi (hang). Anda hanya bisa mengklik iklan tersebut untuk bisa terbebas dari hang. Setelah Anda mengklik iklan tersebut maka Anda pun akan diarahkan ke dalam halaman website yang khusus.

Tapi, kalau memang hp Android Anda sudah hang dan pilihannya hanya klik iklan, sebaiknya jangan sampai mengklik iklan tersebut. Cukup restart hp Android Anda saja dengan cara mencabut baterai, atau menekan lama tombol powernya.

2. Performa smartphone melambat

4-tanda-hp-android-terjangkit-virus-beserta-solusinya-2-oleh-tekno-segiempatMenurunnya performa dari smartphone ini juga bisa sebagai tanda kalau smartphone Android Anda terjangkit virus. Virus yang seperti ini memang biasanya akan membuat perangkat smartphone terbebani dengan pekerjaan atau proses yang tidak terlihat, yang biasanya sedang melakukan pengcopyan data atau pun mendownload malware lainnya.

Kalau terjadi seprti ini, maka coba Anda lakukan ‘Clear Cache’ pada smartphone Anda. Aplikasi yang bisa mempermudah Anda untuk menghapus cache ini adalah CCleaner atau yang sejenisnya.

3. Beterai cepat habis

4-tanda-hp-android-terjangkit-virus-beserta-solusinya-3-oleh-tekno-segiempatPerforma smartphone yang terpakai terus menerus tanpa henti tentunya akan membuat baterai pada smartphone Anda cepat habis. Ini karena adanya virus yang sedang bekerja di background smartphone Anda. Untuk mengecek apakah ada aplikasi lain yang memang bekerja di background hp Android Anda, maka Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > Apps. Setelah itu, silahkan Anda lakukan force stop pada masing-masing aplikasi tersebut. Cek juga apakah ada aplikasi yang menurut Anda tidak pernah Anda install, tapi ada di menu tersebut.

4. Paket internet (kuota) cepat habis

4-tanda-hp-android-terjangkit-virus-beserta-solusinya-4-oleh-tekno-segiempatKalau memang Anda merasa pemakaian kuota internet Anda tidak terlalu berlebihan, tapi cepat sekali habisnya, maka ini bisa dicuragai sebagai smartphone yang terjangkit virus. Untuk mengecek pemakaian kuota Anda berdasarkan aplikasinya, maka Anda bisa melihatnya di dalam menu Settings > Data Usage. Di sini, Anda bisa melihat setiap aplikasi yang menggunakan kuota internet Anda. Jika di dalamnya itu ada aplikasi yang tidak Anda kenal, tapi paling banyak menguras kuota Anda, maka segera hapus atau uninstall aplikasi tersebut.

LEAVE A REPLY