Cara mengatur ukuran video YouTube di situs ini mungkin belum Anda ketahui. Memang lebih baik melihat video untuk memahami sesuatu daripada melihat beberapa gambar untuk memahami sebuah masalah. YouTube adalah salah satu tempat dimana Anda bisa mendapatkan banyak tips dan bantuan online dari banyak masalah harian Anda. Banyak sekali blog dan situs yang suka melakukan embed video YouTube pada situs web atau blog mereka tetapi lupa untuk mengatur video YouTube yang cocok dengan situs mereka.

Ada banyak sekali blog dan situs yang melakukan embed video YouTube tanpa memperhatikan ukuran video, sehingga video tersebut melewati garis batasan template yang mereka gunakan, dan video YouTube tersebut akan diputar dibawah ataupun diatas widget sidebar. Jika Anda memiliki masalah yang mirip seperti masalah ini, dimana Anda harus mengubah ukuran video YouTube yang Anda embed pada situs atau blog Anda, ada cara untuk mengubah ukuran video YouTube tersebut:

  • Tepat dibawah video YouTube, klik tombol “Share.”
  • Klik “Embed” dan beberapa kode sederhana akan muncul.
  • Pada opsi default, disini akan ada jumlah angka yang dapat Anda edit.
  • Pada menu drop-down “Video Size,” Anda memiliki opsi untuk memilih salah satu ukuran video yang sudah ditentukan.
  • Pilihlah “Custom Size” dan masukkan nilai lebar dan tinggi video yang pas dengan situs atau blog Anda.
  • Salin dan temple kode yang telah dimodifikasi ini pada situs atau blog Anda.

Cara Mengatur Ukuran Video YouTube di Situs Oleh Cara Segiempat

Cara ini bisa Anda lakukan dengan video embed yang ada pada situs Anda, selain dari YouTube. Anda dapat mengubah ukuran panjang dan lebar saat Anda melakukan embed video ke situs atau blog Anda, dan video tersebut akan pas dengan template situs Anda, seperti yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengubah pengaturan video ini bahkan setelah Anda mempublikasikan postingan, dengan cara kembali ke video YouTube yang Anda embed dan mengikuti langkah yang telah dijelaskan diatas. Ingat, sebaiknya Anda cukup meninggalkan link video YouTube alih-alih melakukan embed, karena embed video akan menambah waktu memuat halaman situs.

 

1 COMMENT

  1. Makasih gan penjelasannya, tapi adakah cara biar ukuran video yang di pasang di blog bisa dengan otomatis menampilkan ukuran yang pas pada blog? Soalnya apabila di pasang dengan ukuran pas di dekstop sering tidak pas dengan ukuran di mobile

LEAVE A REPLY