Cara memonitor Click Fraud di Adsense ini mungkin belum Anda ketahui. Jika Anda seorang publisher  dan meletakkan iklan pada situs atau blog dengan Adsense, ada baiknya Anda memonitor Click Fraud pada situs web Anda. Anda tidak akan pernah tahu, apakah ada orang yang tidak menyukai Anda dan ingin merusak situs Anda. Bagaimanakah jika mereka mengklik iklan beberapa kali secara terus menerus? Hal inilah yang dinamakan Click Fraud, dan Google menganggapnya ilegal.

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform situs atau blog Anda, gunakan plugin AdSense Click Fraud Monitoring (klik link ini). Google Adsense akan memperhatikan setiap klik pada iklannya, dan memastikan bahwa setiap klik dilakukan oleh manusia, bukan oleh bot atupun click bomb. Plugin ini akan memonitor semua aktifitas klik, dan mencegah klik jahat dari pengguna manusia, bot, dan klik lainnya yang bisa dilacak oleh Google, dan memblokir daftar alamat IP, termasuk alamat IP Anda.

Biasanya, CTR situs atau blog Anda adalah 1 sampai 3%. Dengan menggunakan Google Analytics dan Adsense, Anda bisa memonitor seberapa besar CTR. Jika ada kenaikan drastis CTR secara tiba-tiba, berarti Anda sedang berada dalam masalah. Untuk menghndari hal ini, plugin “AdSense Click Fraud Monitoring” dapat membantu Anda dengan cara mematikan iklan saat satu pengunjung mengklik terlalu banyak iklan tersebut, dan memblokir pengunjung tertentu untuk mengklik lebih jauh.

Plugin ini menghitung semua klik iklan layaknya Adsense. Anda memiliki opsi untuk mengatur batasan ataupun jumlah klik yang bisa dilakukan per pengunjung. Saat jumlah klik melewati batasan yang diatur, iklan akan dimatikan dan dihapuskan dari source code. Alamat IP pengunjung lalu akan diblokir. Jika Anda pengguna plugin premium, Anda bahkan bisa mendapatkan notifikasi email.

Saya merekomendasikan plugin ini untuk situs atau blog WordPress, jika Anda menggunakan Google Adsense untuk menghasilkan uang, agar Anda bisa lebih aman. Beri komentar pada artikel ini jika Anda menggunakan tool, program, ataupun plugin yang sama dengan plugin diatas.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY