Cara melihat riwayat perubahan pada Google Analytics ini mungkin belum Anda ketahui.  Ada baiknya jika Anda menyimpan dan memperhatikan semua perubahan yang terjadi dalam sebuah sistem, apapun itu, meskipun bukan untuk Google Analytics saja, karena jika Anda menyimpan semua detail dari riwayat perubahan yang Anda lakukan, hal tersebut akan membantu Anda menyelesaikan beberapa masalah yang akan muncul. Katakanlah, Anda harus memperbarui system Anda, diikuti dengan perbaruan system lainnya, dan ada beberapa pengguna yang menggunakan sistem yang sama. Dengan melihat riwayat perubahan, admin dapat dengan mudah mencari apakah perubahan yang dilakukan, oleh siapa, dan kapan.

Kondisi ini juga berlaku dengan penggunaan Google Analytics. Riwayat perubahan pada Google Analytics akan menyimpan semua riwayat perubahan yang telah dilakukan pada Google Analytics, dan administrator memiliki hak untuk melihat riwayat perubahan. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini, satu pemilik situs melakukan login sebagai Admin dan ada empat perubahan yang dilakukan pada akun Google Analytics-nya. Ikuti cara dibawah ini untuk mengetahui riwayat perubahan pada Google Analytics:

  • Lakukan login kea kun Google Analytics Anda.
  • Klik pada ikon “Home” yang ada pada bagian kiri atas akun Anda.
  • Klik tab “Admin” yang ada pada bagian sudut kanan atas.
  • Pilihlah akun yang Anda inginkan.
  • Pada tab “Account Settings,” pilihlah “Change History.”
  • Opsi ini akan menampilkan semua perubahan yang dilakukan pada Anda, mulai dari hari dimana Anda mendaftarkan situs Anda ke Google Analytics.

Gambar Pertama Cara Melihat Riwayat Perubahan Pada Google Analytics Oleh Cara Segiempat

Informasi ini sangat berguna saat ada lebih dari satu pengguna mengakses Google Analytics. Cukup mudah untuk mengetahui dan melacak perubahan jika Andalah satu-satunya orang yang dapat mengakses akun Google Analytics Anda, sehingga Anda tahu apakah perubahan yang telah dilakukan. Masalah terkadang terjadi saat ada beberapa pengguna akun Google Analytics mengakses akun Anda. Riwayat perubahan akan mencatat semua perubahan yang terjadi oleh semu pengguna. Jadi, admin bisa tahu apakah kesalahan yang dilakukan oleh setiap pengguna. Cara ini juga berguna untuk tujuan pengamanan.

 

LEAVE A REPLY