mengolah cabai agar tidak mudah busuk oleh Cara SegiEmpatBagi para pecinta makanan pedas, bahan makanan yang wajib ada di dapur Anda adalah cabai. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan stok cabai yang cukup banyak di dapur dan kulkas Anda. Namun seringkali membeli cabai dalam jumlah yang banyak tanpa diketahui cara pengolahannya justru akan membuat cabai tersebut menjadi busuk dan tidak dapat lagi digunakan.

Tapi Anda juga tidak mau membeli dalam jumlah sedikit karena khawatir kalau nantinya Anda kehabisan ketika sedang membutuhkan. Namun dengan trik berikut ini, Anda bisa mengolah cabai tanpa khawatir akan busuk dan tidak bisa lagi digunakan.

Berikut ini adalah tips mengolah cabai agar tidak mudah busuk:

  • Pastikan kalau Anda membeli cabai yang masih segar dan tidak bonyok. Tanda-tanda cabai yang masih segar adalah batang cabai yang masih melekat sempurna pada buahnay dan masih terlihat segar. Dengan membeli cabai yang masih segar, maka Anda juga bisa menyimpannya dalam jangkwa waktu yang lebih lama. Cabai yang seperti ini biasanya bisa tahan dalam jangka waktu seminggu.
  • Sebaiknya Anda juga tidak membeli cabai yang basah atau yang sudah tidak memiliki batang. Air yang melekat pada cabai yang basah biasanya akan lebih cepat busuk karena lembab. Sedangkan cabai yang sudah tidak ada batangnya biasanay sudah kehilangan kesegaran sehingga lebih mudah busuk.
  • Setelah tiba di rumah, sebaiknya Anda segera mencuci cabai dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, angin-anginkan beberapa saat. Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap kering agar betul-betul tidak ada yang tersisa.
  • Jika Anda belum ingin menggunakannya, jangan pernah memotong batang cabai dari buahnya. Karena batang yang terlepas dari buah cabai biasanya akan lebih cepat busuk. Hal ini tentu akan merugikan Anda.
  • Kemudian, masukkan cabai yang telah kering ke dalam plastik bening, wadah plastik atau toples plastik. Tutuplah dengan rapat semua wadah tadi agar tidak ada pertukaran udara yang bisa membuat cabai menjadi busuk. Setelah itu, barulah Anda memasukkannnya ke dalam kulkas.

Dengan mempraktekkan cara ini, maka Anda bisa membeli cabai dalam jumlah yang cukup banyak tanpa khawatir kalau nantinya cabai ini akan busuk ataupun layu.

LEAVE A REPLY