mengeringkan jamur agar awet oleh Cara SegiEmpatMeskipun ada beberapa jenis jamur yang beracun, namun ada juga jamur yang mengandung banyak nutrisi. Namun dalam keadaan yang masih segar, jamur biasanya tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung jamur. Karena jamur merupakan bahan makanan yang jarang ditemukan dan memiliki harga yang cukup menguras kantong.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengeringkan jamur agar awet. Dengan begini, maka Anda bisa menyimpan dan menyiapkan jamur di dapur Anda. Berikut ini adalah tips mengeringkan jamur agar awet:

  • Membersihkan Jamur

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan jamur dari tanah dan debu yang melekat. Dalam proses ini, sebaiknya Anda tidak membersihkannya dengan air. Karena air hanya akan membuat juamur menjadi layu dan memicu pertumbuhan jamur lainnya. Hal ini akan membuat jamur lebih mudah busuk. Jadi akan lebih jika Anda menggunakan dry paper atau kuas untuk membersihkan permukaan jamur. Sedangkan untuk sela-sela jamur, Anda bisa menggunakan tisu.

  • Memotong Jamur

Setelah membersihkannya, sebaiknya Anda memotong jamur menjadi lebih kecil. Semakin kecil ukurannya, maka jamur juga akan lebih mudah dan cepat untuk dikeringkan. Agar proses pengeringan jamur bisa merata dan bersamaan, sebaiknya Anda mengelompokkan jamur berdasarkan ukuran dan ketebalannya.

  • Sebelum Dipanggang

Terlebih dahulu Anda meletakkan jamur yang telah dipotong di atas kertas oven. Pada proses ini, sebaiknya Anda tidak mengoleskan minyak pada kertas oven karena minyak akan terserap pada jamur sehingga membuat jamur menjadi lebih lembab, sulit untuk kering atau bahkan tidak akan kering sama sekali.

  • Proses Pemanggangan

Aturlah oven pada suhu sekitar 65 derajat Celcius, setelah itu masukkan jamur dan pangganglah selama 60 menit. Setelah itu, keluarkan jamur dan biarkan dingin. Setelah dingin, pisahkan jamur yang telah benar-benar kering dan masih basah. Jamur yang masih basah dimasukkan kembali dalam oven dan dipanggang dengan suhu 65 derajat Celcius selama 30 menit.

  • Pengemasan Jamur

Jamur yang telah kering dimasukkan ke dalam kantong yang tidak lembab dan kedap udara. Setelah itu, masukkan ke dalam toples dan tutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Jamur pun akan lebih awet dan bisa digunakan kapanpun.

LEAVE A REPLY