memilih ac ramah lingkungan oleh Cara SegiEmpatDengan semakin banyaknya jumlah penduduk membuat lingkungan menjadi semakin padat. Hal inilah yang membuat lingkungan juga menjadi semakin panas. Suasana yang panas pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga Anda membutuhkan penyejuk ruangan, yaitu AC. Sayangnya seringkali AC yang digunakan tidak ramah lingkungan sehingga bisa merusak lingkungan. Oleh karena itu, Anda harus memilih AC ramah lingkungan agar Anda bisa tetap merasa nyaman tanpa harus merusak lingkungan.

Berikut ini adalah cara memiih AC ramah lingkungan:

  • Pilih yang Hemat Energi

Ketika akan membeli AC, pastikan kalau proses penyejukan AC tersebut cepat sehingga AC lebih hemat energi. Adapun cara mengetahuinya adalah ukuran kipas dan evaporator pendinginnya yang lebih besar. Jika ukuran kedua komponen ini lebih besar, maka ruangan akan lebih sejuk namun tetap hemat listrik.

  • Pastikan Freonnya Ramah Lingkungan

Freon adalah komponen yang berbentuk cair dan berfungsi untuk menghasilkan dingin. Freon sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan lingkungan tapi Anda bisa memilih freon yang berbahan hidrokarbon yang lebih ramah lingkungan.

  • Pastikan Kapasitasnya Sesuai

Banyak orang yang memilih AC yang kapasitasnya begitu besar padahal ruangannya hanya membutuhkan AC dengan PK kecil. Hal inilah yang kemudian menyebabkan pemborosan listrik. Untuk memilih kapasitas yang tepat, maka Anda bisa menggunakan acua 600 BTU/jam/m2.

  • Gunakan Suhu Ruangan

Agar bisa merasa lebih sejuk, Anda hanya perlu mengatur suhu maksimal 5 derajat Celcius dari suhu di luar. Suhu ini sudah cukup untuk membuat Anda merasa nyaman. Jangan sampai mengatur suhu yang sangat rendah padahal di luar tidak terlalu panas. Selain itu, suhu yang tidak terlalu rendah juga akan menurunkan konsumsi energi.

  • Aturlah Waktu

Ingatlah bahwa AC memiliki fungsi untuk membuat ruangan lebih sejuk. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menyalakan AC selama 1 hingga 2 jam saat malam. Anda bisa mengatur suhunya agar AC mati setelah itu. Meskipun AC sudah padam tapi biasanya ruangan masih sejuk karena masih ada hawa dari AC. Selain itu, pastikan Anda mematikan AC pada ruangan yang sudah tidak digunakan.

LEAVE A REPLY