hubungan baik dengan pembantu oleh Cara SegiEmpatBagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membereskan rumah, mungkin Anda akan memilih untuk mempekerjakan pembantu. Tapi seringkali hal ini bukanlah hal yang mudah, mengingat semakin banyaknya kasus yang terjadi pada asisten rumah tangga. Namun sebenarnya hal ini bisa diatasi jika Anda membangun hubungan baik dengan pembantu. Membuat mereka merasa nyaman dan termasuk bagian dari keluarga pasti akan membuat mereka betah dan bekerja dengan benar.

Berikut ini membuat hubungan baik dengan pembantu:

  • Saat Dia Baru Datang

Saat dia baru saja datang, sebaiknya Anda tidak langsung memberikan pekerjaan kepadanya. Ingatlah bahwa dia mungkin masih canggung dengan keadaan rumah ataupun masih lelah dengan perjalanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda langsung menunjukkan kamarnya agar dia bisa beristirahat. Setelah itu, Anda bisa mulai menunjukkan beberapa bagian rumah yang perlu dia tahu.

  • Mulai Memberikan Pekerjaan

Pekerjaan rumah tangga tidak lebih mudah daripada pekerjaan yang dilakukan di kantor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberikan bimbingan kepadanya. Jika dia melakukan kesalahan, sebaiknya Anda memberitahunya dengan baik dan tidak langsung memarahinya.

  • Mengevaluasi Pekerjaan

Anda juga harus memberinya kesempatan agar dia bisa berkembang serta bekerja dengan lebih baik. Jika pekerjaannya semakin baik, Anda jugalah yang merasakan manfaatnya. Bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan pembantu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Pada awal-awal dia bekerja, sebaiknya mengontrol pekerjaannya. Ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk bekerja bersamanya. Cara ini akan membantunya untuk melihat bagaimana cara bekerja yang Anda sukai. Tidak hanya itu, Anda juga sudah bisa untuk melihat bagaimana dia bekerja. Setelah melihat hal ini, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang Anda ajarkan kepadanya.
  • Ada baiknya jika Anda memberi tahunya cara menggunakan dan menggunakan peralatan rumah tangga yang tidak pernah dia lihat atau gunakan sebelumnya. Cara ini akan membuat keterampilannya meningkat sehingga dia juga bisa lebih banyak membantu Anda dan pekerjaannya juga cepat selesai.
  • Ketika sedang memberi pekerjaan atau instruksi kepadanya, mintalah dia untuk mengulangi hal tersebut agar Anda tahu kalau dia sudah paham. Jika sedang istirahat atau menonton televisi bersama-sama, Anda bisa mengobrol dengannya dan bertanya apa saja masalahnya selama membereskan rumah. Jika Anda memiliki keluarga besar, sebaiknya Anda memberi tahu kepadanya siapa saja yang menjadi prioritas dalam memberikan perintah agar dia tidak kelabakan jika menerima perintah dari banyak orang.

LEAVE A REPLY