orangtua menerapkan homeschooling oleh Cara SegiEmpatSemakin banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi di sekolah dengan siswa sebagai korbannya membuat para orangtu sudah mulai tidak percaya dengan sekolah. Hal inilah yang membuat para orangtua lebih memilih untuk menerapkan homeschooling sebagai sarana belajar bagi anak-anaknya.

Sistem ini sendiri adalah sarana bagi anak yang ingin belajar dan mendapatkan pendidikan tanpa harus ke sekolah. Namun homeschooling ini tetap menggunakan kurikulum resmi yang dikeluarkan oleh Permendiknas, hanya saja anak-anak belajar di rumah, bukan di sekolah.

Kesuksesan program ini bergantung pada suasana hati anak serta suasana belajaranya. Jika suasana hati anak sedang tidak baik saat belajar, maka tentu sulit baginya untuk menerima materi belajar. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai orangtua untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan agar anak bisa menerima materi pelajaran dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi para orangtua yang ingin menerapkan homeschooling:

  • Kurikulum dan Jadwalnya

Saat akan memilih suatu institusi homeschooling, sebaiknya Anda memastikan kalau institusi tersebut menggunakan kurikulum resmi dari Kementerian Pendidikan. Pastikan juga kalau jadwal belajar anak juga sesuai sesuai dengan ketentuan. Karena jika hal ini tidak sesuai, maka pasti sulit bagi anak untuk mencerna dan menyerap ilmu yang diberikan.

  • Sesuaikan dengan Umurnya

Pastikan kalau pelajaran yang diberikan sesuai dengan umur anak. Karena umur anak pasti akan mempengaruhi cara berpikir dan tingkat psikologi. Memberikan pelajaran yang tidak sesuai dengan umur anak pasti akan mempengaruhi perkembangan afektif dan kognitifnya.

  • Perhatikan Fasilitas Kelas

Meskipun proses belajar mengajar dilakukan di rumah, namun pastikan kalau Anda membuat suasana belajar seperti di kelas. Anda harus menerapkan aturan bahwa anak tidak boleh belajar sambil nonton televisi atau sambil makan. Selain itu, siapkan juga ruangan khusus untuk tempat belajar anak yang dilengkapi dengan meja, kursi dan papan tulis. Suasana seperti ini akan membantu Anda untuk lebih termotivasi saat belajar. Pastikan juga kalau anak tahu mengatur jadwal belajar dan bermainnya. Berikan teguran saat dia bermain di waktu belajarnya.

  • Kombinasi Mata Pelajaran

Usahakan agar Anda mengatur jadwal yang tepat untuk mata pelajaran yang akan dipelajari oleh anak. Usahakan untuk mengkombinasikan mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya agar anak tidak merasa bosan dalam belajar. Selain itu, carilah metode lain yang bisa membuat anak tertarik pada pelajaran.

LEAVE A REPLY