memilih jurusan kuliah yang tepat oleh Cara SegiEmpatBagi Anda yang baru saja lulus SMA, SMK ataupun pendidikan lain yang setingkat dengan itu, pasti Anda bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Dalam dunia perkuliahan, ada begitu banyak jurusan yang disediakan. Dalam pemilihan jurusan ini, Anda tidak boleh sembarangan memilih atau hanya ikut arus. Karena jika salah memilih, maka bisa-bisa Anda menjadi malas kuliah sehingga waktu, tenaga, pikiran dan bahkan biaya Anda hanya akan terbuang percuma. Selain itu, salah pilih jurusan juga bisa membuat Anda tidak memiliki bayangan tentang masa depan.

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah dalam memilih jurusan kuliah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Hal yang Anda Sukai

Coba renungkan, hal apa saja yang Anda sukai selama ini. Setelah Anda mengetahuinya, cobalah untuk mencari informasi tentang jurusan yang bisa menyalurkan kesukaan Anda. Dengan mempelajari atau mengembangkan hal yang memang Anda sukai, maka Anda pasti akan begitu bersemangat untuk menjalaninya sehingga tidak ada lagi kata “malas kuliah” atau “bosan kuliah”.

  • Cita-Cita

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memilih jurusan kuliah adalah hal yang menjadi cita-cita Anda saat masih kecil. Cita-cita bisa dijadikan sebagai pertimbangan Anda karena hal tersebut adalah perpaduan antara keinginan dan kemampuan Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk memikirkan kembali cita-cita Anda saat masih kecil ataupun remaja.

  • Bidang yang Dikuasai

Untuk pertimbangan yang satu ini, mungkin akan sulit jika Anda tidak meminta bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk bertanya kepada orang lain tentang hasil pekerjaan Anda atau bidang yang Anda kuasai. Atau bisa juga Anda mendengarkan pendapat mereka atau hasil kerja Anda, seperti misalnya masakan Anda yang rasanya enak.

  • Keterampilan yang Ingin Dikembangkan

Setelah tahu hal yang Anda sukai, cita-cita yang Anda miliki serta bidang yang Anda kuasai, maka sebaiknya Anda mulai berpiki apakah Anda ingin mengembangkan keterampilan tersebut. Misalnya Anda suka memasak, masakan Anda rasanya enak dan Anda memang ingin menjadi seorang koki atau paling tidak pengusaha di bidang kuliner, maka sebaiknya Anda meneruskan pendidikan Anda di sekolah memasak.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY