menghilangkan ketakutan mengerjakan skripsi oleh Cara SegiEmpatKata skripsi bagi mahasiswa yang sudah ingin menyelesaikan kuliahnya biasanya akan menjadi momok menakutkan bagi mereka. Dosen pembimbing yang susah ditemui, referensi yang sulit didapatkan atau pengolahan data yang sulit seringkali menjadi halangan untuk menyelesaikan tugas akhir studi tersebut. Padahal mengerjakan skripsi adalah syarat mutlak bagi para mahasiswa untuk mendapatkan kelulusan.

Berikut ini adalah tips menghilangkan ketakutan saat mengerjakan skripsi:

  • Mencari Topik yang Menarik

Tips pertama adalah mencari topik yang menarik dan juga bisa membuat Anda berminat untuk mengerjakannya. Carilah topik yang membuat Anda begitu penasaran sehingga Anda bisa begitu bersemangat saat mengerjakannya.

  • Pastikan Referensinya Mudah Didapatkan

Setelah mendapatkan topik yang Anda inginkan, maka Anda juga harus memastikan kalau referensi dari topik tersebut mudah atau setidaknya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Karena biasanya masalah referensi menjadi salah satu hambatan dalam mengerjakan skripsi. Untuk mengetahui apakah referensinya mudah didapatkan, pastikan kalau topik tersebut tidak terlalu jauh dari topik-topik yang sering dibahas oleh orang-orang.

  • Pemilihan Metode Penelitian

Pastikan juga kalau Anda memilih metode penelitian yang tepat, cocok untuk skripsi dan juga Anda kuasai. Jangan memilih metode penelitian hanya karena dipengaruhi oleh orang lain atau Anda merasa bahwa hal tersebut susah padahal sebenarnya metode itu sangat cocok dan bisa membuat Anda lebih mudah saat akan menyelesaikan skripsi.

  • Pemilihan Dosen Pembimbing

Saat memilih dosen pembimbing, pastikan kalau dosen tersebut memang memiliki kompetensi khusus atau minat yang sama pada topik skripsi yang akan Anda bahas. Dengan demikian, beliau juga akan bersemangat saat memberikan bimbingan kepada Anda. Jangan pernah takut dengan label “killer” pada dosen tersebut karena sebenarnya mereka begitu karena ingin melihat mahasiswanya menjadi lebih baik. Hal lain yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih dosen pembimbing adalah jika dosennya dekat dengan Anda sehingga Anda bisa lebih santai dan tidak lagi ketakutan saat mengerjakan skripsi.

  • Memiliki Motivasi

Salah satu hal yang akan membuat seseorang menjadi begitu bersemangat saat mengerjakan sesuatu adalah motivasi yang dimiliki. Oleh karena itu, milikilah motivasi saat mengerjakan skripsi. Hal terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi adalah kedua orangtua Anda. Bayangkan kebahagiaan dan kebanggaan mereka saat Anda diwisuda. Hal tersebut pasti akan membuat Anda lebih bersemangat karena ingin membahagiakan mereka.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan hal-hal yang akan Anda lakukan setelah lulus nanti. Misalnya travelling atau memulai bisnis yang sempat tertunda.

 

LEAVE A REPLY