membeli mainan untuk anak oleh Cara SegiEmpatMainan adalah dunia anak. Bermain bagi anak tidak hanya sebagai pengisi waktu ataupun untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Bermain juga bisa melatih motorik anak dan membantunya untuk bersosialisasi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan anak dalam dengan membeli mainan untuk anak. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika harus membelikannya mainan. Apakah mainan itu hanya untuk kesenangannya atau mainan itu bisa jadi sarana pembelajaran untuknya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mainan untuk anak:

  • Fungsi dari Mainan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah fungsi dan manfaat dari mainan tersebut. Mainan yang Anda belikan haruslah memiliki manfaat positif bagi anak serta bisa memberikan manfaat untuk perkembangannya. Mainan yang Anda berikan kepadanya tidak mesti mahal yang canggih. Yang terpenting adalah mainan tersebut bisa membuatnya menjadi lebih kreatif. Pastikan juga kalau mainan tersebut bisa dimanipulasi dan dikembangkan oleh anak sehingga dia bisa menjadi lebih kreatif dan lebih cerdas.

  • Keamanan Mainan

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah keamanan dari mainan tersebut. Pastikan kalau Anda memperhatikan setiap bagian dari mainan tersebut mulai dari bahan, komponen dan sebagainya. Pastikan kalau cat atau pewarna dari mainan tersebut tidak mudah luntur. Jika mainan tersebut adalah bongkar pasang, pastikan kalau Anda berhati-hati karena bisa saja ada bagian yang ditelan oleh anak.

  • Melihat Petunjuk pada Mainan

Selanjutnya adalah Anda harus memastikan bahwa mainan tersebut sesuai dengan usia buah hati Anda. Anda juga harus memperhatikan instruksi yang terdapat di dalam mainan tersebut tentang cara penggunaan dan keamanannya. Selain itu, Anda juga harus memeriksa bagaimana seandainya mainan tersebut tidak digunakan sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan.

  • Mendampingi Anak Ketika Bermain

Usahakan untuk selalu mendampingi anak saat dia bermain. Berikan pengarahan kepadanya ketika dia sedang bermain. Dengan begini, maka anak bisa menggunakan tersebut dengan tepat sasaran. Selain itu, dia juga bisa mengembangkan kecerdasannya melalui mainan tersebut. Tidak hanya itu, mendampingi anak saat bermain juga akan membuat hubungan Anda dan buah hati menjadi lebih dekat.

LEAVE A REPLY