Home » Tips & Cara » Pendidikan » Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Melalui Belajar Bahasa Asing

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Melalui Belajar Bahasa Asing


Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Melalui Belajar Bahasa AsingEllen Bialystok, Ph.D, salah satu peniliti dari York Univesity Toronto pada tahun 2007 menginformasikan bahwa belajar tentang bahasa yang baru atau asing mampu mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan otak. Terlebih pada bagian otak yang berfungsi sebagai daya pengingat memori. Dengan begini, bertambah lagi satu alas an mengapa Anda harus belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris yang disekapati sebagai bahasa Internasional. Pada waktu yang tidak bersamaan, Dr. Jan Sudir Purba, Ph, D dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berkata bahwa segala hal baru atau asing yang Anda pelajari mampu memberikan manfaat yang sama untuk meningkatkan kecerdasan otak Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak melalui belajar bahasa asing;

1. Mengikuti Kursus Bahasa Asing

Jangan asal kursus saja. Tentukan dulu kursus bahasa asing apa yang hendak Anda pelajari. Bahasa Inggris, misalnya. Setelah menentukan kursus bahasa asing apa yang ingin Anda pelajari, sekarang waktunya untuk memilih tempat kursus bahasa asing yang berkualitas. Bagaimana cara menentukan temoat kursus bahasa asing yang berkualitas? Pertanyaan yang bagus. Dengan melihat penyusun-penyusun tempat kursus tersebut. Mulai dari fasilitas tempat kursus, pengalaman dan profesionalitas manajemen tempat kursus serta yang paling penting adalah kualitas pengajar-pengajar tempat kursus tersebut. Itulah tiga hal yang paling mendasar untuk mengukur tingkat kualitas sebuah tempat kursus.

2. Belajar Otodidak

Bagi Anda yang kurang memiliki waktu atau mungkin dana yang cukup untuk mengikuti kursus bahasa asing, Anda dapat belajar sendiri secara otodidak. Anda dapat membeli CD tutorial bahasa asing. Selanjutnya Anda dapat mengikuti petunjuk dari CD tersebut. Anda juga dapat belajar bahasa asing melalui tontonan film asing, mendengarkan lagu bahasa asing atau membaca bacaan yang menggunakan bahasa asing. Kesemuanya itu dapat menambah kosakata bahasa asing Anda.

3. Belajar Melalui Internet

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak melalui bahasa asing adalah dengan belajar memalui internet. Cara ini adalah jalan tengah antara cara pertama yang terlalu konvensional dan cara kedua yang terlalu menyederhanakan. Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan bergabung dengan grup facebook yang khusus membahas seputar bahasa asing, berteman dengan orang asing pada media sosial atau menonton video tutorial melalui youtube. Keunggulan belajar melalui internet adalah metodenya yang sangat praktis dan selalu terbarukan. Suatu hal mungkin masih hangat-hangatnya di dunia nyata, pada saat yang bersamaan hal tersebut sudah sangat basi di dunia maya. Kemudahan lainnya adalah Anda dapat langsung mengunduh video, audio, gambar atau bahan bacaan yang berhubungan dengan bahasa asing ke dalam komputer atau bahkan ponsel pribadi Anda.

Semoga semakin cerdas!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: