mengatasi anak kidal oleh Cara SegiEmpatKetika Anda melihat buah hati Anda menggunakan tangan kirinya dalam aktivitasnya, mungkin Anda akan merasa khawatir kalau dia akan menjadi orang yang kidal. Apalagi dengan budaya orang Indonesia yang menganggap bahwa penggunaan tangan kiri adalah hal yang kurang sopan. Andapun akan berusaha untuk mengatasi anak kidal.

Tapi satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa balita yang masa pertumbuhannnya menggunakan tangan kiri dalam kesehariannya tidak mesti menjadi kidal. Balita yang berumur 3 tahun bahkan sering menggunakan kedua tangannya atau mengganti tangan dan kiri saat beraktivitas. Karena fakta yang ditemukan dalam penelitian menemukan bahwa sebanyak 10 persen balita memang lebih suka menggunakan tangan kirinya saat beraktivitas.

Jadi tugas Anda sebagai orangtua yang mengingatkannya untuk menggunakan tangan kanan saat beraktivitas. Berikut ini adalah cara mengatasi anak kidal:

  • Melatih Kedua Tangannya

Seorang anak yang kidal biasanya akan merasa kaku jika akan menggunakan benda-benda yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mengunakan tangan kanannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melatihnya untuk menggunakan kedua tangannya. Jika anak kidal, latihlah dia untuk menggunakan tangan kanannya saat membuat garis. Jika dia sudah menggunakan tangan kanannya untuk makan, latihlah dia menggunakan tangan kirinya untuk melempar bola.

  • Bersabar dalam Memberi Pengarahan

Karena dianggap kurang sopan, maka banyak orang yang menegur dengan kasar atau bahkan kadang membentak ketika anaknya menggunakan tangan kirinya saat beraktivitas. Padahal hal tersebut bukannya membuat anak menjadi sadar. Teguran yang keras atau bentakan justru akan membuat anak sakit hati dan sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mengajarinya dengan memberinya pengarahan. Jika dia masih melakukannya, ingatkan dia saat dia menggunakan tangan kirinya dalam aktivitasnya.

  • Jangan Memaksa

Jika Anda sudah melatihnya namun dia masih saja sering menggunakan tangan kirinya, sebaiknya Anda tidak memaksanya lagi. Mungkin saja itu memang bakatnya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan masa depan buah hati Anda karena hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang kidal memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Yang perlu Anda lakukan adalah membantu mereka mengembangkan bakatnya agar bisa bermanfaat di masa depannya.

2 COMMENTS

  1. masya allah… iyah nih jadi kurang baik kalo melakukan sesuatu dengan tangan kiri
    keponakan saya masih SD, semoga masih bisa di arahin biar bisa pake tangan kanan

  2. kidal aj kok.protes
    ddniakn ad hukum alam
    klw ad mahir kanan pasti ad juga.yg mahir kiri
    saya asal orientasi (mahir kanan) & sy latih terus tgn kiri sy semenjak sy berusia 15thun
    krna sy pgn menjadi org ketangkasan luar biasa (mahir menggunkn k2 tgn/kki mw kiri & kanan)
    y skrg saya sudah tidak orientasi (mahir kanan) lagi
    syh skrg sudh ketangkasan luar biasa (mahir menggunkn k2 tgn/kki mw kiri & kanan)
    skrg usia sy sudh 21thun

LEAVE A REPLY