Akal sehat, buku parenting dan buku semacamnya seringkali gagal membantu tingkah laku anak autis. Pada beberapa kasus, Anda memiliki hak istimewa untuk menganalisa tingkah laku anak Anda secara aktif, mencari petunjuk yang bisa memberikan Anda wawasan terhadap masalah tingkah laku mereka. Ada cara menganalisa tingkah laku dari anak autis, yang mendorong tindakan anak-anak autis, dimana Anda memahami pemikiran apakah yang menyebabkan tindakan tertentu dari anak Anda.

Cara Menganalisa Tingkah Laku Dari Anak Autis Oleh Cara Segiempat

  • Tentukan masalahnya. Ketahui bahwa tingkah laku yang dikarenakan oleh masalah, atau membuatnya terganggu. Tentukan definisi Anda terhadap masalah tingkah laku tersebut. Contohnya, mendefinisikan problem seperti “menolak untuk membuka baju sebelum mandi” adalah contoh pernyataan yang lebih spesifik daripada “menyusahkan selama waktu mandi.”
  • Temukan situasi dan tempat yang cocok dengan tindakan yang terjadi.  Tentukan beberapa set keadaan yang cocok dengan tindakannya. Siapakah yang ada disekitarnya saat anak Anda melakukan tindakan X? Kapan dia melakukannya? Dimana dia melakukannya?
  • Evaluasi respon Anda. ingatlah bagaimana Anda pada umumnya merespon pada tindakan yang diberikan. Pastikan apakah respon Anda memperkuat tindakannya. Contohnya, jika anak Anda lari karena sendok, dan Anda secara otomatis menenangkannya dengan memeluknya, Anda mungkin menguatkan ide bahwa lari adalah tindakan tepat saat melihat sendok.
  • Pilihlah sebuah metode untuk menunjukkan suatu tindakan tertentu, metode yang menunjukkan salah satu dari aspek utama yang terikan dengan tindakan, yaitu situasi, respon, atau rutinitas. Ubahlah situasi sehingga anak Anda tidak akan mengalami situasi yang menyebabkan hal yang mengakibatkan masalah. Contohnya, jika anka Anda mengunyah benda-benda asing yang ada diatas meja, berhentilah meletakkan obyek yang tidak dapat dimakan diatas meja makan. Ubahlah respon Anda terhadap tingkah laku anak Anda. contohnya, alih-alih memberikan apa yang anak Anda inginkan setelah dirinya mengamuk dan merengek, Anda dapat menyuruhnya diam terlebih dahulu, menghukumnya, sebagai respon dari tindakannya yang merengek. Bantulah anak Anda untuk mengubah kembali rutinitas mereka. Untuk seorang anak yang hanya pergi ke kamar mandi saat Anda juga memasukinya, kebangkan dan berikan anak Anda sebuah grafik yang menampilkan waktu-watu yang tepat saat ingin pergi ke kamar mandi. Anda dapat mengkombinasikan tiga metode ini.

LEAVE A REPLY