Home » Tips & Cara » Pendidikan » 5 Cara Mengajarkan Anak Gemar Membaca

5 Cara Mengajarkan Anak Gemar Membaca


5 Cara Mengajarkan Anak Gemar Membaca Pepatah lawas yang berbunyi ala bisa karena biasa betul-betul manjur. Suatu hal yang Anda ulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Dari kebiasaan itulah Anda akan menjadi bisa atau ahli dalam bidang tersebut. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan yang sangat efektif seperti membaca sangatlah sulit dibiasakan. Apalagi bagi anak-anak. Tidak ada yang mengatakan bahwa menjadikan kebiasaan membaca itu mudah saja. Tapi itu bukan alasan bagi Anda untuk tidak membiasakannya pada anak Anda. Darinya itu, berikut ini kami paparkan beberapa cara untuk mengajari anak gemar membaca;

1. Membacakan Anak dengan Metode Bercerita

Siapa yang tidak suka dengan kisah? Lebih dari setengah isi kitab suci memuat dan menceritakan kisah. Orang-orang primitif mengelilingi api unggun untuk mendengarkan kisah. Anak-anak muda berbondong-bondong ke toko buku untuk membeli buku kisah (novel atau komik). Bacakan anak Anda suatu bacaan yang memuat kisah dan sampaikan dengan metode bercerita. Jangan larut dalam bacaan. Sesekali, bertanyalah pada anak Anda. Buat anak Anda seakan berada di dalam kisah tersebut.

2. Manfaatkan Banyak Media

Belikan anak Anda buku-buku yang menarik perhatian, baik warna dan ukurannya. Atau Anda juga bisa memberikan mereka cerita-cerita yang dikemas dalam bentuk audio, CD atau DVD. Perlahan, saat mereka sudah tertarik dengan cerita dan tulisan, mereka akan tertarik pula dengan membaca.

3. Jadilah Teladan di Depan Mereka

Jangan hanya memberi contoh. Tapi jadilah contoh tersebut. Anak Anda adalah cermin diri Anda. Manalah mungkin Anda memaksa anak Anda untuk membaca sementara Anda tengah bermalas-malasan menonton sinetron. Jika anak ingin anak Anda gemar membaca, gemarlah pula dengan membaca. Dan lakukan itu di depan mereka. Perlihatkan mereka betapa banyaknya manfaat membaca buku. Atau bahkan Anda dapat mengajaknya berdiskusi mengenai buku yang baru saja Anda baca. Dengan bahasa yang mudah dicerna oleh anak-anak, tentunya.

4. Gemar Membaca melalui Kegiatan Menulis

Saat anak Anda sudah bersekolah, mereka tentu sudah pandai membaca. Walau kepandaiannya tidak diikuti dengan kegemaran membaca. Anda dapat mengajak anak Anda untuk menuliskan cerita tentang apa saja yang dialaminya seharian di sekolah dan di tempat bermain. Semacam diari atau buku harian. Awalnya mungkin agak sulit. Tapi setelah terbiasa, mereka akan menyadari bahwa mereka sulit menulis karena jarang membaca.

5. Memberikannya Hadiah

Mungkin kedengarannya agak pamrih. Tapi hal ini Anda lakukan demi membangun kegemaran membaca anak Anda. Beri tahu anak Anda bahwa Anda akan membelikannya sesuatu yang mereka inginkan di akhir bulan jika ia mampu menghabiskan satu buah buku. Atau yang lebih ketat lagi, Anda baru akan memberikannya uang mingguan atau bulanan jika dia mampu menghabiskan bahan bacaannya.

Semoga berhasil!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: