Membeli Tas online oleh SegiEmpatBelanja atau membeli sebuah barang kini tidak lagi hanya bisa dilakukan secara langsung, seperti datang ke sebuah toko dan melakukan transaksi langsung dengan si penjual. Kemajuan teknologi sekarang ini pun sudah memunculkan pembelian secara online melalui dunia maya. Belanja online menjadi hal yang sebenarnya sangat menguntungkan konsumen, pasalnya barang apapun yang ingin di beli kini sudah disediakan. Mulai dari barang-barang yang umum seperti baju fashion dan tas fashion seperti yang ada di KotakFashion.com, hingga barang-barang yang bersifat pribadi sekalipun. Kemudahan menemukan barang seperti tas melalui internet adalah salah satu unggulan beli online. Namun tetap saja ada beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan, karena membeli tas online pun sekarang ini sangat rentan terhadap aksi penipuan.

Sayangnya, di balik kemudahannya beli online juga disaingi dengan maraknya penipuan. Tentunya Anda tidak ingin menjadi korban penipuan saat membeli tas melalui online. Alih-alih tas impian yang sudah Anda beli bisa sampai di tangan, Anda justru menjadi korban penipuan, bingkisan yang di kirim tidak pernah sampai atau bahkan paket yang Anda terima hanya berisi bungkusan kertas tanpa isi. Meski aksi penipuan sekarang ini semakin marak tapi tetap saja ada beberapa cara aman yang bisa membantu Anda. Nah, di rangkum dari berbagai sumber dan sedikit pengalaman pribadi (hehehe), berikut ini beberapa cara aman saat Anda membeli tas secara online.

Kenali Penjual

Sekarang ini banyak pedagang tas online yang melakukan bisnis perdagangan secara personal ataupun melalui perusahaan. Nah, inilah hal pertama yang wajib Anda lakukan. Pastikan sebelum melakukan transaksi Anda mengenal dengan baik pedagangnya, jika penjualan melalui perusahaan maka cari tahu lebih dulu bagaimana track record perusahaannya. Hal ini untuk memudahkan Anda memahami seberapa serius toko online tersebut seperti KotakFashion.com atau FormulaCinta.co.id yang berada di bawah naungan SegiEmpat.com. Jika penjualan dilakukan secara pribadi maka sebaiknya Anda jauh lebih hati-hati.

Pahami Pelayanan

Salah satu hal yang sebenarnya bisa dengan jelas membedakan toko “abal-abal” dengan toko online yang capable itu terletak dari sistem pelayanannya terhadap konsumen. Dari caranya melayani konsumen atau bahkan dari sistem penanganan permintaan konsumen hingga berbagai keluhan dari konsumennya. Pedangang yang benar-benar serius tentunya tidak akan membiarkan konsumennya menunggu lama, kecuali memang pelayanan sedang berada di waktu tersibuk.

Kenali Sistem Transaksi

Untuk menghindar dari aksi penipuan maka Anda juga sebaiknya memahami sistem transaksi yang dilakukan saat Anda membeli barang seperti tas. Meski harganya relatif murah bahkan jauh lebih murah umumnya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tidak memiliki sistem yang memadai. Saat pelayanan mereka hanya akan mendorong konsumen untuk melakukan transaksi setelah itu tentu mereka akan menghilang di telan bumi. Beda halnya dengan toko online yang benar-benar nyata (bukan penipuan) mereka tentu akan dengan senang hati untuk melayani permintaan konsumen baik itu sebelum transaksi maupun setelah transaksi.

Ada banyak sistem yang digunakan seperti cash on delivery (COD) atau transaksi umum (barang dikirim setelah pembelian selesai). Sistem COD memang menjadi sistem paling aman, tapi harus Anda sadari tidak semua toko online (yang sebenarnya juga bukan penipu) tidak menerapkan sistem seperti itu, namun apapun sistemnya ketelitian dan ke hati-hatian Anda adalah hal utama.

LEAVE A REPLY