Untuk urusan bau mulut kebanyakan orang tentu akan sangat risih dengan hal tersebut. Tak heran umumnya orang-orang justru akan menghindarinya. Tapi ternyata bau mulut punya manfaat tersendiri untuk mengetahui kondisi kesehatan kita, benarkah?

Gangguan yang paling sering kita temui ini apalagi saat bangun pagi ternyata bisa mendeteksi kesehatan tubuh. Karena dari hasil penelitian bau mulut tidak selalu disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di dalam mulut karena kurang menjaga kebersihan mulut. Tapi bau mulut juga disebabkan oleh penyakit tertentu. Karena itu bau mulut yang mungkin Anda alami dapat mendeteksi gangguan kesehatan Anda. Lantas seperti apa tips deteksi kesehatan tubuh lewat bau mulut? Berikut ulasannya.

Tips Deteksi Kesehatan Tubuh Lewat Bau Mulut oleh SegiEmpatUntuk mendeteksi kesehatan tubuh Anda, hal yang wajib Anda lakukan adalah dengan mengenali aromanya. Perhatikan jika baunya seperti di bawah ini sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter.

Mulut Berbau Amis

Jika Anda mendeteksi bau mulut dan aromanya seperti bau amis, kemungkinan Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan ginjal Anda. Aroma amis yang Anda cium itu disebabkan oleh nitrogen dan sulfur yang dapat terjadi karena ada gangguan pada ginjal.

Bau Mulut Seperti Susu Basi

Pernah mencium aroma susu fermentasi? Aroma Susu fermentasi atau lebih umum dikenal susu basi, jika mulut Anda mengeluarkan roma seperti itu maka kemungkinan Anda sedang menjalani pola diet yang salah. Bau seperti susu basi terjadi karena menu diet yang Anda lakukan mengandung protein yang tinggi namun rendah karbohidrat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti menunya dengan menu yang lebih seimbang.

Bau Mulut Seperti Bau Feses

Anda pasti pernah mencium aroma feses alias kotoran Anda sendiri saat Anda buang air di toilet bukan? Nah, jika saat mendeteksi bau mulut dan Anda menghirup aroma yang seperti itu kemungkinan Anda mengalami gusi yang terinfeksi. Aroma busuk seperti bau feses terjadi karena ada bakteri anaerob yang berkembang biak di dalam mulut Anda.

Bau Mulut Seperti Daging Busuk

Aroma daging musuk yang cukup menampar di hidung adalah salah satu aroma yang juga umum terjadi pada mulut. Jika Anda mengalami bau mulut seperti ini kemungkinan Anda sedang mengalami masalah pada tonsillitis alias amandel. Aroma tersebut muncul karena adanya bakteri anaerob yang terjadi karena infeksi dan peradangan pada amandel.

Bau Mulut Seperti Buah Pir

Aroma buah pir pasti pernah Anda cium bukan? Tapi jika bau mulut Anda seperti ini, sebaiknya segera periksakan kesehatan Anda, karena kemungkinan Anda sekarang ini sedang terjangkit diabetes tipe 1. Pasalnya aroma pir yang terjadi pada mulut muncul karena tubuh Anda kekurangan insulin, dan ini umum terjadi pada penderita diabetes.

Jika Anda mengalami seperti di atas, jangan dibiarkan begitu saja agar tidak menyebabkan kondisi yang lebih serius.

LEAVE A REPLY