Sehat Tanpa Olahraga oleh SegiEmpatTidak ada yang bisa membantah jika berolahraga adalah cara yang paling ampuh untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Pasalnya dengan berolahraga sistem peredaran darah di dalam tubuh jadi lebih lancar, tidak hanya itu berolahraga juga sangat baik untuk melatih gerakan tubuh dan membakar lemak yang menumpuk. Sayangnya tidak semua orang suka berolahraga, bahkan beberapa orang justru menganggap jika olahraga adalah kegiatan yang memberatkan untuk dilakukan.

Apakah Anda salah satunya?

Memang cukup berat untuk bisa mendapatkan kesehatan tubuh tanpa berolahraga, karena olahraga adalah salah satu bagian dari pola hidup sehat. Tapi beberapa pakar mengatakan jika sebenarnya masih ada beberapa tips agar kita selalu sehat tanpa olahraga, seperti apa tipsnya?

Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat tidak hanya sekedar menjadi cara yang baik untuk mengendalikan bobot tubuh, tapi pola makan sehat ternyata menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa harus berolahraga. Makan dengan teratur seperti sarapan pada jam 7 pagi, makan siang jam 12 siang dan makan malam paling lambat jam 8 malam adalah pola makan yang sangat disarankan. Selain itu pastikan pula makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi bukan dari banyaknya, penampilannya atau rasanya saja.

Penuhi Waktu Tidur yang Ideal

Selain pola makan yang harus diperhatikan, waktu tidur juga penting untuk bisa dipenuhi. Agar tubuh tetap sehat meski tanpa berolahraga, sangat disarankan agar Anda bisa memenuhi waktu tidur yang ideal yaitu 6 sampai 7 jam setiap harinya. Tidur adalah waktu yang penting bagi tubuh untuk meregenerasi setiap sel-sel tubuh yang rusak, menyediakan energi dan juga mendukung sistem metabolisme tubuh dengan lebih maksimal.

Berjemur

Berjemur merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Ya, berjemur juga menjadi salah satu cara untuk menyehatkan tubuh karena sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh merupakan vitamin D yang sangat bermanfaat. Takut kulit terbakar? Tentu itu terjadi jika Anda berjemur di siang hari sedangkan yang dimaksud disini adalah berjemur di pagi hari maksimal sampai jam 8 atau 9 pagi.

Mandi Air Dingin

Mandi dengan menggunakan air dingin jauh lebih sehat ketimbang mandi dengan air hangat, pasalnya mandi dengan air dingin sangat baik untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh yang pastinya membantu meningkatkan kesehatan tubuh.