Menahan rasa lapar dan haus seharian penuh tentu tidaklah mudah, karena itu kalau ditanya aktivitas apa yang tidak mau dilakukan saat puasa maka mungkin jawabannya adalah olahraga. Wajar memang karena yang namanya olahraga itu memang sangat dekat dengan rasa haus, sementara kita saat puasa tidak boleh minum.

Karena itu tak jarang kebanyakan orang lebih memilih berolahraga setelah buka puasa, biar kalau haus bisa minum. Nah, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, olahraga setelah puasa adalah salah satu kebiasaan saat puasa yang buruk untuk kesehatan. Ya, waktu yang disarankan untuk berolahraga adalah sebelum berbuka puasa.

Olahraga saat Puasa oleh SegiEmpatNah, pasti Anda pun bertanya-tanya kan gimana caranya biar gak lemas dan kehausan saat berolahraga? Kalau dilihat dari cara berolahraga yang tepat saat puasa, seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, maka ada 4 jenis olahraga yang paling pas untuk Anda lakukan saat puasa. Apa saja? Berikut ulasannya.

Bersepeda

Olahraga yang paling mudah, ringan, menyenangkan dan tak bikin haus. Kecuali Anda sengaja bersepeda di siang hari pas matahari lagi panas-panasnya, itu sih sengaja pengen bubarin puasa namanya. Supaya biar kehausan terus puasanya batal.

Bersepeda bisa Anda lakukan di pagi hari setelah Anda melaksanakan ibadah sholat subuh, atau sore hari sebelum berbuka puasa. Anda bisa bersepeda dinamis dengan berkeliling kompleks atau menggunakan sepeda statis di dalam rumah. Anda sebaiknya bersepeda santai selama 45 menit, dengan begitu Anda bisa membakar kalori dari 300 sampai 350 kalori.

Joging

Paling enak sih hari minggu pagi, joging dengan keluarga sambil bercengkrama bahagia. Tapi sebaiknya jogging yang Anda lakukan pun santai-santai saja, tidak perlu berlari dengan berlebihan. Cukup berlari kecil selama 20 sampai 30 menit sudah cukup. Kalau Anda ingin meningkatkan intensitasnya Anda bisa jogging di sore hari.

Yoga

Mau olahraga tapi malas keluar rumah? Selain bersepeda statis Anda juga bisa memilih olahraga Yoga. Olahraga ini berfokus pada teknik pernapasan untuk memperlancar suplai oksigen ke seluruh tubuh khususnya otak. Meski tidak banyak mengeluarkan keringat tapi olahraga ini sangat positif untuk Anda lakukan karena bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesehatan batin Anda.

Naik Turun Tangga

Kalau Anda masih merasa terlalu lemas untuk melakukan olahraga ringan di atas karena alasan puasa, Anda tidak perlu cemas apalagi sampai membiarkan diri Anda terpaku di atas kasur. Kalau di rumah Anda ada tangga atau di kantor Anda, nah Anda bisa memanfaatkan itu sebagai cara Anda berolahraga. Naik turun tangga selama 5 sampai 10 menit dapat membakar kalori sampai 178 kalori. Yang penting lakukan ini dengan intensitas yang ringan agar tidak membuat Anda kehausan.

Nah, puasa-puasa gini gak harus anti dengan yang namanya olahraga bukan?

LEAVE A REPLY