Gak terasakan udah hampir seminggu lebih kita puasa, Anda sendiri bagaimana? Masih kuat berpuasa sebulan penuh kan? Apalagi nanti ada THR lho. Eits jangan terlalu kebawa perasaan dulu deh, lebaran masih lama. Daripada udah mikirin THR mending pikirkan lagi caranya supaya Anda tetap sehat selama sebulan penuh ini.

Puasa-puasa gini, selain bikin kita jadi mudah ngantuk kesehatan pun jadi mudah menurun. Meski sebenarnya secara kesehatan berpuasa memang menyehatkan, tapi kalau tidak dibarengi dengan menu sahur yang pas bisa-bisa puasa kita jadi rusak karena sakit. Gak mau kan kehilangan momen Ramadhan penuh berkah ini? Bisa-bisa THrnya dipotong hehehe.

Nah, karena itu sebaiknya konsumsi menu sahur agar tubuh sehat berikut ini.

Menu Sahur Agar Tubuh Sehat oleh SegiEmpatNasi

Sebenarnya sih gak perlu dikasih tahu lagi, karena memang kita sendiri kadang merasa “belum makan kalau belum makan nasi”. Meski kadang dianggap buruk, nasi sebenarnya menu sahur yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena nasi punya kandungan karbohidrat kompleks yang membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Tapi sebaiknya pilihlah nasi merah atau nasi coklat yang tinggi serat dan rencah gula.

Daging Rendah Lemak

Selain nasi, daging juga sebaiknya ada dalam menu sahur Anda, hanya saja lebih disarankan untuk memilih daging rendah lemak. Daging akan membantu Anda menyediakan asupan protein untuk tubuh yang penting bagi metabolisme tubuh.

Sayur dan Buah

Menu ini juga wajib ada dalam menu sahur Anda, karena sudah sangat jelas kalau sayur dan buah mengandung setiap gizi dan vitamin penting untuk tubuh. Mulai dari serat, kalsium sampai mineral penting agar dapat menyehatkan tubuh.

Salah satu buah yang sangat disarankan adalah kurma. Jangan salah mengkonsumsi kurma tidak hanya bisa saat berbuka puasa, tapi juga sangat baik untuk Anda konsumsi di waktu sahur. Mengkonsumsi 1 sampai 2 biji kurma sangat membantu menstabilkan kadar glukosa.

Sup

Kebiasaan kita sup di konsumsi bersamaan dengan nasi dan daging. Padahal sebenarnya sup disarabkan untuk dimakan sebelum makan berat. Sup yang padat akan nutrisi jika dikonsumsi sebelum makan berat sangat membantu untuk menghindrasi tubuh.

Air Secukupnya

Selain menu makanan Anda juga wajib untuk mencukup kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, dengan minum 2 gelas air saat buka 4 gelas air sebelum sahur dan 2 gelas air saat sahur.

Biji-Bijian

Sebagai tambahan biji-bijian seperti biji bunga matahari juga disarankan untuk Anda konsimsi disaat sahur. Pasalnya biji-bijian sangat kaya akan karbohidrat dan juga serat, yang tidak hanya membantu menyehatkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama tapi juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sehat sebulan penuh tentu membuat puasa Anda lebih nyaman, selain itu bisa maksimal saat hunting baju lebaran kan? Hehehe.

LEAVE A REPLY