Mengatasi Konstipasi saat Puasa oleh SegiEmpatDi bulan Ramadhan ini, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah Puasa. Hal ini tentunya bukan jadi penghalang untuk semua orang, namun berpuasa yang berarti setiap umat Muslim wajib menahan rasa lapar dan haus pun bukan hal yang mudah untuk di jalani.

Berpuasa sebenarnya bukan hanya beribadah tapi berpuasa juga punya manfaat tersendiri bagi tubuh. Hanya saja kadang ibadah puasa yang mengharuskan kita mengubah pola makan secara drastis kadang juga menimbulkan masalah tertentu. Saat berpuasa, kita hanya diperbolehkan makan dan minum saat sahur dan berbuka. Hal ini tentu berbeda dari sebelumnya yang mana kita bisa bebas makan kapan saja.

Perbedaan pola makan tersebut tentunya memiliki dampak tersendiri bagi tubuh, khsususnya pada pencernaan. Seperti perut kembung, asam lambung meningkat, sakit perut dan sembelit yang umum terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Tapi tenang, agar puasa tetap lancar dan tidak terganggu dengan semua masalah pencernaan tersebut saya punya satu cara praktis untuk mengatasi konstipasi saat puasa termasuk semua masalah pencernaan lainnya.

Satu cara praktis tersebut adalah dengan mengkonsumsi air yang telah dicampur dengan baking soda dan jeruk nipis. Nah, cara membuatnya sediakan lebih dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Seperti 1 sendok makan baking soda, 1 sendo teh air perasan jeruk nipis dan 1 gelas penuh air. Setelah itu, panaskan air sampai mendidih lalu masukkan baking soda dan jeruk nipis yang telah disiapkan. Aduk dan tuang ke dalam gelas.

Minuman tersebut bisa dikonsums saat berbuka dan sahur tapi pastikan dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat.

Minuman hangat yang dicampur dengan baking soda serta jeruk nipis bermanfaat untuk membuang racun dan semua limbah yang ada di dalam usus. Selain itu, minuman tersebut juga ampuh mengatasi sembelit. Kombinasi air jeruk nipis dan baking soda ampuh untuk mengatasi sembelit, menetralkan kadar asam pada perut, mengurangi gas dan juga keasaman pada perut.

Nah, tidak perlu takut sembelit lagi kan saat berpuasa. Semoga puasanya lancar ya, selamat berpuasa.

LEAVE A REPLY