Menenangkan Pikiran untuk Mengatasi Susah Tidur oleh SegiEmpatGaya hidup modern yang sekarang ini sudah dijalani oleh sebagian besar masyarakat tanah air, nyatanya punya satu dampak negatif. Salah satu masalah yang sering dialami banyak orang dari gaya hidup modern adalah masalah susah tidur alias insomnia.

Susah tidur bukanlah pola hidup sehat atau sebagai “gaya-gayaan” seperti yang dilakukan oleh banyak anak muda. Karena bagaimanapun tubuh membutuhkan waktu tidur yang berkualitas untuk bisa menjaga semua fungsi dan peran pada masing-masing organ tubuh. Sayangnya hal tersebut justru tidak dapat dilakukan oleh banyak orang sekarang ini, tak ayal berbagai macam penyakit pun siap menyerang.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang jadi susah tidur salah satunya karena kita terlalu banyak dijejali konten digital setiap harinya yang membuat pikiran jadi tidak tenang saat menyentuh bantal. Apakah kamu juga mengalaminya? Nah agar kamu bisa tidur nyenyak dan mendapatkan tidur yang berkualitas berikut beberapa cara sederhana menenangkan pikiran untuk mengatasi susah tidur.

Beribadah

Beribadah merupakan salah satu kewajiban yang diajarkan dari setiap agama. Beribadah dapat membuat kita jadi lebih dekat dengan Sang Pencipta. Tapi selain itu beribadah juga bisa memberikan kita ketenangan. Nah, untuk menenangkan pikiran tidak ada salahnya kamu beribadah minimal 30 menit sebelum tidur, rasa tenang akan sangat membantu menurunkan tingkat stres sebelum tidur.

Berolahraga

Kamu mungkin tidak percaya jika berolahraga juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi susah tidur atau insomnia. Berolahraga nyatanya memperlancar aliran darah dengan begitu kadar hormon di dalam tubuh pun jadi lebih teratur sehingga sangat membantu kamu untuk tidur lebih cepat mala mini. Salah satu jenis olahraga yang disarankan adalah yoga.

Meditasi

Meditasi merupakan olah pikiran dan tubuh yang sejak lama dikenal sebagai cara paling ampuh untuk mengatasi masalah psikis. Mulai dari stres, rasa marah dan semua energi negatif yang ada di dalam tubuh. Bahkan meditasi sangat membantu kita untuk menjadi lebih bersyukur dengan semua hal yang kita miliki sekarang ini. Nah, tidak ada salahnya menyediakan waktu sebelum tidur untuk melakukan meditasi. Dengan begitu tubuh dan pikiran jadi tenang dan rileks.

Menyusuh Agenda Hari Esok

Salah satu masalah lain yang membuat seseorang susah tidur adalah kegelisahan dari jadwal yang akan ia lakukan keesokan harinya sehingga tak jarang membuat kita jadi stres sendiri. Untuk mengatasinya sebelum tidur mulailah untuk menyusun agenda hari esok, hal ini tidak hanya mengatasi kegelisahan tapi juga dapat membuat kamu jadi lebih tenang karena keesokan hari kamu akan lebih siap untuk menghadapinya.

Matikan Semua Perangkat Elektronik

Seperti yang disebutkan di atas, media elektronik menjadi penyebab paling sering. Nah, untuk mengatasinya kamu tentu perlu untuk mematikan semua media elektronik disekitar kamu. Padamkan lampu dan semua perangkat elektronik lainnya.

LEAVE A REPLY