Makanan Sehat di Musim Hujan oleh SegiEmpatDi satu sisi selalu ada keceriaan yang terjadi saat musim hujan, apalagi kalau bukan suhu udara yang relatif lebih rendah di banding musim kemarau sebelumnya. Hanya saja di sisi lain saat musim hujan sudah mulai masuk kita selalu punya kekhawatira tersendiri.

Saat musim hujan datang tanpa bisa kita sadari dengan baik tubuh bisa jadi lahan yang paling menggoda bagi serangan virus dan bakteri yang merupakan sumber penyakit. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun berisiko terjangkit penyakit di musim hujan. Hal ini pastinya jadi kekhawatiran tersendiri apalagi bagi Anda yang seharian sibuk mencari nafkah.

Musim hujan bisa disebut sebagai musim yang identik dengan penyakit. Agar daya tahan tubuh kuat dan bisa mencegah segala macam risiko penyakit di musim penghujan kita tentu harus bisa menunjangnya dengan makanan. Seperti kata pepatah apa yang Anda makan adalah apa yang terjadi pada diri Anda sekarang ini. Lantas apa saja menu makanan sehat di musim hujan yang baik untuk kita konsumsi? Berikut 4 diantaranya.

Bawang Putih

Bawang putih boleh saja menjadi bahan makanan yang dihindari, hanya saja kita pun tidak bisa memalingkan kenyataan jika bawang putih punya banyak manfaat yang dibutuhkan agar tubuh bisa selalu sehat. Bawang putih memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pastinya membantu melawan infeksi virus. Untuk itu bawang sebaiknya putih harus selalu ada di dalam menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari agar tubuh tidak mudah terserang penyakit di musim penghujan.

Madu dan Jahe

Dua jenis bahan ini bisa jadi ramuan ajaib bagi kita untuk melawan penyakit seperti sakit tenggorokan dan pilek yang hampir selalu identik dengan musim hujan. Nah, tidak ada salahnya bukan mengkonsumsi madu dan jahe pada minuman Anda?

Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang dikemas dengan sifat antioksidan dengan manfaat untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk itu teh hijau pun menjadi salah satu minuman yang disarankan untuk Anda konsumsi, apalagi selain membantu meningkatkan kekebalan tubuh teh hijau juga dapat membantu proses detoksifikasi.

Kunyit

Bagi beberapa orang kunyit adalah bahan makanan yang tidak banyak digunakan. Padahal kunyit sendiri punya sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat bermanfaat sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan secara instan. Untuk itu bahan makanan yang satu ini juga sebaiknya dicampurkan pada menu makanan Anda setiap harinya.

Selain ke 4 makanan di atas, makanan sehat lain seperti sayur dan buah pun tidak boleh Anda lupakan karena sayur dan buah merupakan bahan makanan yang kaya akan gizi, vitamin dan mineral yang pastinya penting untuk kesehatan tubuh.

Nah, sudahkah Anda mengkonsumsinya?