Home » Kesehatan » Tips Kesehatan » Fungsi Organ Ginjal Untuk Metabolisme Tubuh

Fungsi Organ Ginjal Untuk Metabolisme Tubuh


Fungsi Organ Ginjal Untuk Metabolisme TubuhDalam sistem metabolisme tubuh manusia, ginjal memiliki peran yang sangat penting. Fungsi dari ginjal untuk metabolisme tubuh adalah untuk menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, serta mengatur keseimbangan asam-basa, konsentrasi elektrolit dan pengaturan tekanan darah.

Kesehatan ginjal harus dijaga dengan baik, mengingat begitu banyak memiliki fungsi ginjal bagi metabolisme tubuh. Jika salah satu fungsi ginjal mengalami penurunan, maka Anda tidak akan bisa orang yang betul-betul sehat.

Berikut ini adalah penjelasan fungsi dari organ ginjal pada tubuh manusia agar Anda dapat lebih menjaga kesehatan ginjal :

  • Ginjal berfungsi untuk menyaring racun serta zat-zat sisa di dalam darah

Pada dasarnya, manusia memiliki dua ginjal yang memiliki fungsi yang sama. Ginjal memiliki bentuk seperti biji kacang dan dan memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh manusia. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring racun serta zat-zat sisa dalam darah. Selain itu, ginjal juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan yang terdapat di dalam tubuh.

  • Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun serta mengeluarkan limbah dari dalam darah

Ginjal terletak di masing-masing sisi dari tulang belakang. Ginjal memiliki berat sekitar 180 gram dan ukuran sebesar 12 cm. Ginjal adalah sebuah penyaring yang sangat baik. Fungsi utama dari ginjal adalah untuk membersihkan racun serta mengeluarkan limbah yang terdapat di dalam darah.

  • Ginjal berfungsi untuk mempertahankan komposisi serta volume dari cairan tubuh (konsentrasi elektrolit)

Fungsi lain dari ginjal adalah untuk mempertahankan komposisi serta volume dari cairan tubuh dan mengeluarkan hormon yang akan membantu dalam pembuatan sel darah merah. Jadi, dalam pengaturan tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting yang akan menjaga ritme jantung, ginjal memegang peran utama.

  • Ginjal berfungsi untuk menyeimbangkan sirkulasi darah di dalam tubuh

Ginjal memiliki peran dalam keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh, yakni dengan memproduksi sel darah merah dan mengatur tekanan darah.Selain berfungsi untuk menyaring serta membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubh dan juga untuk mempertahankan kandungan nutrisi dan mineral yang diperlukan oleh tubuh,.

  • Ginjal berfungsi untuk menyaring darah

Sebanyak 180 liter darah disaring oleh ginjal setiap harinya. Setiap menit, ginjal menerima sebanyak 100 hingga 120 mililiter darah, jumlah ini sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran ginjal yang kecil. Jadi berarti ginjal menyaring darah sebanyak 50 kali dalam satu hari.

  • Ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH dalam darah

Salah satu kemampuan dari ginjal adalah untuk mengatur jumlah asam atau basa yang akan dibuang. Proses ini akan berlangsung selama beberapa hari.

Jadi, telah cukup jelas bahwa ada begitu banyak fungsi ginjal di dalam tubuh. Oleh karena itu, selalu sayangi ginjal Anda. Karena jika ginjal Anda mengalami kerusakan atau penurunan fungsional, maka ginjal Anda tidak akan kembali seperti semula.

Tentang S. Gelmani Rabiah

Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang. Anda dapat membaca profil selengkapnya disini

Berikan Komentar Anda: