Bagi setiap wanita, payudara tentu menjadi organ tubuh yang sangat penting untuk diperhatikan, kenapa? Bukan hanya karena payudara merupakan salah satu organ sensitif dalam urusan seksual tapi payudara adalah sumber kehidupan bagi anak cucu. Selain itu, Anda para wanita pun tahu kalau payudara cukup rentan terjangkit penyakit. Salah satunya adalah kanker.

Nah, sudahkah Anda memeriksa kesehatan payudara Anda? Apakah payudara Anda sehat? Mammogram memang merupakan cara terbaik untuk mendeteksi kesehatan payudara Anda. Namun selain tes mammogram Anda dapat memeriksa kesehatan payudara Anda dengan tes uji klinis lainnya, salah satunya dengan metode pemeriksaan payudara sendiri atau yang disingkat SADARI.

Cara Mendeteksi Kesehatan Payudara oleh SegiEmpatCara ini sangat mudah untuk Anda lakukan, bahkan Anda hanya butuh 15 menit untuk melakukannya. Tentu tidak makan banyak waktu bukan? Nah, langsung saja berikut cara mendeteksi kesehatan payudara Anda dengan metode SADARI.

Berdiri dan Angkat Kedua Tangan Ke Belakang Kepala

Berdirilah di depan cermin lalu lepaskan baju Anda. Selanjutnya angkat kedua tangan Anda ke atas lalu taruk di belakang kepala. Saat mengangkatnya perhatikan bagaimana reaksi pada payudara Anda. Perhatikan apakah payudara Anda bergerak dengan cara yang sama saat Anda mengangkat kedua tangan.

Perhatikan dengan baik apakah ada terdapat lekukan pada payudara Anda, lesung, benjolan ataupun pembengkakan di bagian bawah ketiak

Berdiri dengan Salah Satu Tangan Diangkat

Lakukan cara yang sama yaitu berdiri di depan cermin tanpa busana. Angkat salah satu tangan Anda ke atas kepala, lalu gunakan jari-jari tangan lainnya untuk menekan payudara Anda dengan lembut. Saat menekannya mulailah pada bagian atas payudara, tekan dengan lembut sampai ke bagian bawah payudara. Setelah itu tekan dengan lembut dari bagian tengah payudara sampai ke ketiak. Deteksi tekstur, ukuran dan warna mayudara Anda.

Berdiri dengan Meletakkan Kedua Tangan Di Pinggang

Lepaskan semua baju Anda dan berdiri di depan cermin. Berdiri tegak lalu posisikan kedua tangan Anda di pinggah. Dalam posisi ini perhatikan di cermin bagaimana penampilan payudara Anda. Anda mungkin akan melihatnya sama tapi perhatikan dengan lebih detail.

Perhatikan ukuran, bentuknya, daerah areola dan juga putting Anda. Deteksi seberapa sehat payudara Anda khususnya bagian-bagian tersebut.

Berbaring dan Usap Payudara Anda

Selain dengan berdiri, Anda juga bisa mendeteksi kesehatan payudara Anda saat berbaring. Tapi tetap Anda butuh untuk melepaskan baju Anda. Ganjal kepala dan salah satu tangan Anda dengan bantal. Setelah itu gunakan tangan yang satunya untuk mengusap payudara Anda dengan lembut. Deteksi teksur, ukuran dan warna payudara Anda. Setelah itu lakukan cara yang sama pada payudara yang satunya dengan tangan lainnya.

Perhatikan Perubahan Puting Payudara

Bagian puting payudara juga wajib Anda deteksi. Lepaskan semua baju dan berdirilah di depan cermin. Kenali lebih dulu bagaimana bentuk puting Anda. kemudian pencet puting payudara Anda dengan jari telunjuk dan jari tengah. Anda juga bisa menariknya dengan kedua jari Anda.

Hal yang perlu Anda deteksi apakah setelah ditarik atau dipencet puting payudara Anda kembali seperti bentuk semula atau tidak.

Anda bisa melakukan cara ini satu kali dalam sebulan. Sebaiknya catat setiap perubahan pada payudara Anda dan laporkan pada dokter setiap perubahannya. Untuk Anda yang belum menophause Anda bisa melakukan cara ini beberapa hari setelah menstruasi. Sedangkan untuk Anda yang sudah masuk masa menophause sebaiknya pilih satu hari dan lakukan pengecekan dihari yang sama pada bulan berikutnya.

LEAVE A REPLY