Sebulan penuh kita puasa, meski itu bukan hal mudah tapi bukan berarti di bulan puasa ini kita harus menghentikan semua aktivitas kita. Memang sih di bulan puasa, tidur saja itu adalah pahala. Namun bukan berarti kita harus malas-malasan kan?

Diantara beberapa aktivitas salah satu yang paling banyak hilang di bulan puasa ini adalah berolahraga. Cukup wajar sebenarnya karena di bulan puasa ini kita cenderung merasa lemas dan lesu lantaran tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman. Tapi menurut salah seorang pakar kesehatan yang jug diperkuat oleh salah satu pelatih kebugaran ternama, mengatakan kalau pilihan tersebut sebenarnya kurang tepat. Bahkan cenderung tidak menyehatkan bagi tubuh meski itu hanya sebentar.

Neelam mengatakan seperti dilansir dari salah satu media tanah air, berhenti berolahraga justru akan membuat daya tahan tubuh Anda mengalami penurunan. Begitu juga dengan kekuatan dan massa otot yang membuat tubuh Anda justru makin lemah. Untuk itu Anda disarankan untuk tetap berolahraga, apalagi faktanya berolahraga saat puasa justru membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh selama puasa.

Cara Berolahraga yang Tepat saat Puasa oleh SegiEmpatNah, pastinya Anda yang sedang berpuasa jadi bingung kan? Apalagi kalau dilihat dari artikel kemarin berolahraga setelah buka puasa termasuk salah satu kebiasaan saat puasa yang ternyata buruk untuk kesehatan. Lantas bagaimana cara berolahraga yang tepat saat puasa?

Kurangi Kecepatan Anda

Kondisi tubuh Anda saat puasa tentu tidak “sesegar” saat Anda tidak berpuasa. Karena itu penting agar Anda dapat mengurangi kecepatan Anda berolahraga. Misalnya jika Anda biasanya dapat memutari lapangan sepakbola sebanyak 5 kali dalam 4 menit maka Anda bisa berlari lebih lambat. Ini agar Anda tidak langsung kehabisan energi dan tidak dapat melakukan aktivitas lain. Tapi kalau Anda sendiri memang sudah terbiasa maka itu tidak perlu Anda lakukan.

Kurangi Intensitas Anda

Selain kecepatan Anda juga sebaiknya mengurangi intensitas Anda. Dalam artian jika dalam sehari Anda biasanya melakukan tiga atau empat olahraga sekaligus, maka saat puasa sebaiknya Anda menguranginya menjadi dua. Selain itu Anda juga sebaiknya hanya berolahraga ringan saja agar tidak kelelahan dan kekurangan cairan.

Atur Durasi Berolahraga Secukupnya

Lama waktu olahraga juga sebaiknya Anda kurangi. Jika biasanya Anda menghabiskan waktu minimal 2 jam saat berolahraga maka saat puasa baiknya Anda hanya menghabiskan waktu 1 jam. Selain itu jika Anda juga biasanya berolahraga 4 sampai 5 kali dalam seminggu maka itu juga dapat Anda kurangi jadi 2 atau 3 kali.

Waktu Olahraga yang Tepat saat Puasa itu Sebelum Berbuka Puasa

Banyak yang bilang kalau olahraga waktu puasa paling pas kalau sudah berbuka, alasannya supaya saat kehausan bisa minum. Tapi faktanya berolahraga setelah buka puasa sebenarnya bukanlah waktu yang tepat. Paling pas sebenarnya sebelum Anda buka puasa, jadi pas setelah Anda berolahraga Anda juga bisa sekaligus berbuka puasa.

LEAVE A REPLY