Bau Mulut saat Puasa oleh SegiEmpatDi bulan puasa selain dituntut untuk dapat menahan rasa haus dan lapar kita juga kadang dituntut untuk tidak berbicara banyak. Selain karena Ibadah juga mencegah orang lain merasa terganggu akibat bau khas yang memancar dari mulut.

Untuk umat Muslim yang menjalankan Ibadah puasa selama ini selalu dihantui dengan masalah bau mulut bahkan meski kita sendiri sudah rajin menggosok gigi. Sebenarnya bau mulut saat puasa adalah hal yang wajar, benarkah? Menurut sejumlah pakar kesehatan, saat berpuasa mulut akan mengalami penurunan produksi saliva yang mana saat kita tidak berpuasa saliva diproduksi dalam jumlah yang banyak. Menurunnya produksi saliva saat puasa membuat perkembang biakan bakteri di dalam mulut berkembang lebih cepat sehingga memunculkan aroma yang tidak sedap.

Sekilas hal tersebut mungkin tidak dapat dihindari karena masalah tersebut terjadi secara alami. Tapi tenang untuk mengatasi masalah bau mulut dan agar mulut tetap segar saat puasa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Gosok gigi dan lidah untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang dapat membusuk dan menghasilkan bau tak sedap
  • Konsumsi 8 sampai 10 gelas air putih saat berbuka dan sahur, air putih dapat membantu produksi saliva sehingga membuat mulut dapat terjaga kebersihannya
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau kurang sedap saat sahur ataupun berbuka, seperti jengkol, petai atau durian
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang lengket, makanan lengket cenderung jauh lebih sulit untuk dibersihkan sehingga makanan lengket tersebut seperti coklat, biskuit, es krim atau kue basah dapat mengalami pembusukan di dalam mulut yang menyebabkan bau tak sedap.
  • Konsumsi teh hijau tanpa gula saat berbuka dan saat sahur. The hijau tanpa gula memiliki zat polyphenol yang berfungsi untuk membasmi bakteri pada mulut dan juga pada saluran pernapasan sehingga baik untuk mengatasi bau mulut.
  • Berolahraga, aktivitas ini mungkin cukup dihindari apalagi disaat puasa, tapi jangan salah berolahraga juga baik untuk mengatasi masalah bau mulut karena saat berolahraga tubuh akan membuang semua zat-zat beracun termasuk zat yang menyebabkan masalah bau mulut
  • Gunakan mouthwash atau obat kumur untuk membersihkan mulut lebih maksimal

Nah, tidak perlu takut lagi kan dengan bau mulut? Tips-tips di atas tidak hanya berlaku saat bulan puasa, tapi juga bisa kamu lakukan setelah berpuasa nantinya.

LEAVE A REPLY