Bagi sejumlah orang yang mengalami masalah gigi sensitif, hal tersebut merupakan gangguan yang sangat merepotkan. Apalagi kalau harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin. Pasalnya makanan tersebut dapat membuat gigi jadi ngilu, bahkan bagi beberapa penderita gigi sensitif gigi yang ngilu bisa membuat kepala jadi pusing.

4 Solusi Gigi Sensitif oleh SegiEmpatAnda yang mengalami masalah gigi sensitif tentu akrab dengan kondisi seperti itu, dan tentu Anda pun merasa sangat terganggu dengan masalah gigi sensitif. Alhasil Anda mau tidak mau harus jadi benar-benar selektif untuk mengkonsumsi minuman ataupun makanan.

Tidak mengkonsumsi makanan secara sembarangan memang merupakan solusi bagi Anda yang punya gigi sensitif. Karena dengan begitu Anda tidak harus berurusan dengan rasa ngilu atau pusing. Tapi tidakkan Anda ingin bebas mengkonsumsi minuman dan makanan apa saja yang Anda mau? Dengan tidak harus menunggu sampai itu tidak terlalu dingin atau terlalu panas? Nah, untuk Anda ini 4 solusi gigi sensitif.

Hindari Kafein dan Alkohol

Minuman dan makanan dingin atau panas merupakan makanan yang paling Anda hindari bukan? Hanya saja sebenarnya solusi untuk mengatasi masalah gigi sensitif Anda bukan sekedar menghindari makanan dan minuman seperti itu. Anda juga sebaiknya menghindari makanan ataupun minuman berkafein dan yang mengandung alkohol. Bukan hanya tidak baik bagi kesehatan Anda tapi karena kandungan kafein dan alkohol juga dapat membuat lapisan gigi Anda makin terbuka yang akhirnya gigi Anda pun makin sensitif.

Hindari Makanan yang Mengandung Asam

Selain kafein dan alkohol Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung asam. Sama seperti alkohol dan kafein zat asam yang ada di dalam makanan juga dapat membuat lapisan gigi Anda semakin terbuka.

Hentikan Kebiasaan Menggertakan Gigi

Dari hasil penelitian, gigi sensitif terjadi karena lapisan gigi seperti lapisan enamel yang tipis. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebiasaan menggertakan gigi. Bagi beberapa orang ini menjadi kebiasaan yang sangat jarang disadari karena menggertakan gigi umumnya terjadi saat tidur. Tapi sayangnya, faktanya kebiasaan ini dapat menipiskan lapisan gigi sehingga membuat gigi Anda makin sensitif.

Rutin Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Solusi terbaik untuk Anda yang mengalami masalah gigi sensitif, tidak lain adalah dengan berkonsultasi pada dokter. Karena dokter akan mendeteksi penyebab gigi sensitif dan memberikan penanganan medis untuk mengatasinya sesuai penyebabnya.

Selain itu cara paling sederhana adalah menjaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari dengan memakai bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berflouride. Anda juga sebaiknya tidak terlalu keras saat menggosok gigi karena dapat membuat lapisan gigi menipis.

Nah, Anda sudah tahu kan solusinya? Semoga membantu Anda.

LEAVE A REPLY