gejala dan pengobatan milia oleh Kesehatan SegiEmpatWajah adalah salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Hal ini karena wajah adalah bagian tubuh yang berkaitan dengan penampilan. Ketika berbagai masalah wajah muncul seperti jerawat, kantung mata atau bintik-bintik kecil, maka Anda pasti akan merasa panik dan bingung.

Salah satu masalah wajah yang mungkin akan Anda temui adalah milia. Milia adalah bintik-bintik putih yang terdapat pada wajah, berdiametr 1-2 mm dan akan terasa keras saat diraba. Selain pada wajah, milia juga sering ditemukan pada langit-langit atau selaput lendir mulut.

Milia bisa menimpa siapapun tanpa memandang usia. Milia terjadi karena adanya penumpukan zat keratin pada bagian bawah kulit yagn terjadi karena adanya abrasi, trauma ataupun sengatan matahari.

  • Gejala Milia

Seseorang dikatakan terkena milia ketika dia memiliki bintik-bintik putih yang mirip jerawat pada pipi, dagu atau hidungnya. Sedangkan pada bayi, milia biasanya akan muncul pada langit-langit mulut dan gusi.

  • Pengobatan Milia

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati milia, diantaranya :

  • Tidak Menggaruknya

Mungkin Anda bermaksud membuat milia lebih cepat hilan dengan cara memencet atau menggaruknya. Namun akan lebih baik jika Anda menahan diri untuk melakukan hal tersebut. Karena memencet atau menggaruk milia hanya akan menimbulkan iritasi kulit.

  • Rajin Membersihkan Wajah

Untuk bisa menghindari atau menghilangkan milia, sebaiknya Anda rajin membersihkan wajah. Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun pembersih minimal dua kali dalam sehari. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk secara lembut. Jangan sampai Anda menggosok wajah Anda dengan kasar karena hal ini hanya akan menyebabkan iritasi dan luka pada kulit wajah.

  • Hindari Sinar Matahari Langsung

Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya Anda menggukan topi atau tabir surya. Karena jika Anda terkena sinar matahari langsung, maka milia pada wajah Anda akan lebih sulit untuk diatasi atau bahkan justru membuatnya semakin. Dalam memilih tabir surya, pastikan bahwa tabir surya tersebut tidak mengandung minyak agar Anda tidak menemui masalah kulit wajah baru, yaitu kulit wajah berminyak.

LEAVE A REPLY